Manajemen Strategi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Permukiman Kumuh Perkotaan Di Kelurahan Sumur Batu Kota Bekasi

Nadila Chrishanum, Maulana Rifai, Prilla Marsingga

Abstract


Keberadaan permukiman kumuh di wilayah perkotaan mengakibatkan beragam masalah yang kompleks dan multidimensional bagi masyarakat maupun pemerintah. Kota Bekasi pun tak terlepas dari permasalahaan permukiman kumuh, saat ini wilayah yang memiliki permukiman kumuh paling banyak di Kota Bekasi ialah kelurahan Sumur Batu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan dalam penanganan permukiman kumuh di kelurahan Sumur Batu Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Strategi oleh Wheleen and Hunger terdiri dari Analisis Lingkungan, Formulasi Strategi, Implementasi Strategi, serta Evaluasi dan Kontrol. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kelurahan Sumur Batu menjadi salah satu wilayah prioritas dalam penanganan permukiman kumuh, hal tersebut terlihat dari kelurahan Sumur Batu mendapatkan program KOTAKU dari pemerintah pusat, terdapat program perbaikan rumah tidak layak huni, serta pembangunan SPAM. Kesimpulan dari penelitian ini terkait penanganan permukiman kumuh di Kelurahan Sumur Batu sudah dilakukan secara bertahap sampai dengan saat ini namun terdapat beberapa hambatan dan kelemahan pada proses pelaksanaannya.

Kata kunci: Manajemen Strategi ; Pemerintah Daerah ; Permukiman Kumuh.


Full Text:

PDF

References


David, Hunger J dan Wheelen Thomas L. 2012. Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI.

Prayitno, Budi. 2014. Skema Inovatif Penanganan Permukiman Kumuh. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Salusu, J. 2008. Pengambilan Keputusan Stratejik. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman

Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 Tentang RPJMN 2015-2019

Peraturan Menteri PUPR Nomor: 14/PRT/M/2018 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Permukiman Kumuh

Surat Keputusan Walikota Bekasi Nomor: 600/kep.375.A-Disbangkim/VI/2016 Tentang Penetapan Lokasi Permukiman Kumuh di Kota Bekasi

Peraturan Walikota Bekasi Nomor 91 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Tata Kerja Pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Bekasi.

Renstra Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Bekasi tahun 2018-2023

Faturachman Alputra Sudirman dan Phradiansah. 2019. Tinjauan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan : Pengelolaan Sampah Kota Kendari. Jurnal Sosio Politik Vol. 5 No. 2, 2019.

Nila Kesuma, Haryadi, dan Agam Marsoyo. 2003. Perubahan Fisik Keruangan Dan Sosial Ekonomi Masyarakat di Kawasan Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Bantargebang Kota Bekasi. Manusia dan Lingkungan Vol X No. 2, 2003.

Anindita Wilandari dan Haryo Sulistyarso. 2017. Arahan Peningkatan Kualitas Lingkungan Kawasan Permukiman Kumuh Berat di Kelurahan Ciketing Udik dan Sumur Batu Kota Bekasi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.466-474

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.