Implementasi kawasan Tanpa Rokok di kawasan Alun-alun Karawang

Wili Depas, Lukmanul Hakim, Dewi Noor Ajizah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok di Alun-alun Kabupaten Karawang yang dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti masih mudah di temui perokok yang merokok disembarang tempat di Alun-alun Kabupaten Karawang yang semestinya lokasi Alun-alun Kabupaten Karawang menjadi kawasan tanpa rokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengdentifikasi implementasi kawasan tanpa rokok di Alun-alun Kabupaten Karawang. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Karawang, Promotor Kesehatan Kelurahan Karawang Kulom, Satgas KTR atau Polisi Pamong Praja, dan Masyarakat di dekat Alun-alun Kab. Karawang. Peneliti menggunakan teori Implementasi Kebijakan menurut David L Weimer yaitu Logika Kebijakan, Lingkungan Kebijakan, dan Kemampuan Implementor Kebijakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan kebijakan kawasan tanpa rokok di Kab. Karawang bertujuan untuk menekan angka perokok yang tinggi dan untuk menyehatkan masyarakat, karena kurangnya konsisten dari pemerintah, implementor, dan masyarakat untuk menegakan kebijakan tersebut, sehingga kebijakan tersebut belum optimal.

Kata Kunci: implementasi, kebijakan, kawasan tanpa rokok, alun-alun karawang


Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab Solihin. (2012). “Analisis Kebijakan Dari Formulasi Kebijaksanaan Implementasi Kebijakan Negara.” Jakarta: Bumi Aksara.

Leo Agustino. “Dasar-Dasar Kebijakan Publik.” Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta. (2016).

Kutipan News, 7 Kali 24 Jam,LBH JMPH Karawang Desak Bupati Tindak Pelanggar Perda Kawasan Tanpa Rokok.

Riva Yusdi Maulidya. “Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pada Angkutan Kota Di Sukabumi (Studi Kasus Angkutan Kota Trayek Pasar Ramayana-Terminal Jubleg)”. Jurnal pendidikan Vol 27, No 2.

Ricky Fernando, Aufarul Marom.”Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang.Journal Of Public Policy And Management Review Vol 5, Nomor 2, Tahun 2016.

Nawawi, Ismai.Public Policy Analisis(2009), Strategi Advokasi tori dan praktek. Surabaya: PMN.

Puzl, H., Ramdhani, M., A& Amin, A. S .Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basic and Applied Science 3(1). 47-56. Rerrieved from http://insikapud.com/Vol-03/No01/08IJBAS(3)(1).pdf(2014).

Nugroho, Adhi. Membangun Generasi Emas Karawang Tanpa Rokok. Diakses 16 Juli 2021.

Raka, Tunggu Rapat Anggota DPRD Asyik Merokok. Diakses 20 Juli 2021.

Raka, Banyak Pelajar SMP Candu Rokok. Diakses 17 Juli 2021.

Setiawan, Guntur.Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan , Jakarta: Balai Pustaka.(2004).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.453-465

Article Metrics

Abstract view : 963 times
PDF - 393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.