Strategi Dinas Pariwisata Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Febrianti Rindani Pratiwi

Abstract


Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi yang masih mengalami kendala pada sektor pariwisata tehadap PAD tidak mencapai target yang sudah ditetapkan, walaupun banyaknya objek wisata dan pelonjakan kunjungan wisatawan pada tahun 2018 sampai 2019. Karena adanya pandemi dan mungkin juga belum optimalnya pengelolaan dari Dinas Pariwisata, maka dinas pariwisata mempunyai sasaran target kinerja yang harus dipenuhi agar sektor pariwisata ini dapat memberikan kontribusi sesuai dengan target yang ditetapkan terhadap PAD yaitu dengan cara meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, meningkatnya kualitas birokrasi dan kualitas pelayanan publik, serta pembangunan sarana dan prasarana disetiap objek wisata. Untuk menjalankan tujuan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi tersebut yaitu dengan cara meningkatkan SDM dengan menggunakan cara 2 metode yaitu Pendidikan (Education) dan Pelatihan (Training. Penelitian ini juga membuktikan bahwa Potensi yang ada di kabupaten Sukabumi sangat banyak dan akan lebih baik lagi jika Dinas terkait dapat lebih menggali kembali potensi tersebut, karena dengan begitu obyek wisata yang dimiliki kabupaten Sukabumi dapat berkontribusi banyak dalam meningkatkan PAD.

Kata Kunci : Strategi, Dinas Pariwisata, PAD


Full Text:

PDF

References


Artatanaya, ,I Gusti Lanang Suta, I Ketut Suarta dan Nyoman Meirejeki. Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Denpasar Prospektif Pemasaran dan Produksi. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 9 No. 1

Biduan. Patris Gisau “Strategi Pengelolaan Pariwisata dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe“, E-Journal UNSRAT, Vol.1 No.7.

Creswell, John W. 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Terjemahan Fawaid, Achmad dan RinayatiYogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Damayanti. 2014. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Kepulauan Banda.

Diarta, Ketut Surya, Pitana, Gde. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Frederickson, H. George, dkk. 2012. The Public Administration Theory Primer. Westview Press.

Fitrianti, Hanifa. 2014. “Strategi Pengembangan Desa Wisata Talun Melalui Model Pemberdayaan Masyarakat”. Economics Development Analysis Journal (EDAJ). Vol. 3. No. 1. dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index/php/edaj.

Hanifa Fitrianti, “Strategi Pengembangan Desa Wisata Talun Melalui Model Pemberdayaan Masyarakat”,(Economics Development Analysis Journal (EDAJ), Vol.3, No.1,2014) dalam http://journal.unnes.ac.id/sju/index/php/edaj.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Erlangga.

Hubeis, Musa. Najib, Mukhamad. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat

Mardiasmo. 2012. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Satori, Djam’an. Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2018. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama.

Supanto, Fajar. 2019. Manajemen Strategi Organisasi Publik dan Privat. Malang: Empatdua Media.

Suryono, Agus. 2004. Pengantar Teori Pembangunan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suswanto, Gamal. 2004. Dasar – Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhadi, Febrianti Dwi Cahya.el. “Strategi Pengembangan Pariwisata Oleh Pemerintah Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah“ (Studi Pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol.2 No.2.

Primadany, Sefira Ryalita “Analisis Strategi Pengembangan Daerah“ .(Studi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik. Vol.1. No.4. (Malang).

Rahma, Femy Nadia, Herniwati Retno Handayan. 2013 Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Jumlah Obyek Wisata Dan Pendapatan Perkapita TerhadapPenerimaan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Kudus. Diponegoro Journal of Economics Vol . 2.

Rina Masruroh dan Neni Nurhayati, “Strategi Pengembangan Pariwisata dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kuningan”, E- Journal POLTEKTEGAL, Vol. 1 No. 1

Rohim ,Abdur. . 2013. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata (studi di Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul,DIY). Yogyakarta : Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Oktosilva, Andri. 2018. Strategi Dinas Pariwisata Dalam Pengembangan Pariwisata di Tana Toraja. Universitas Hasanuddin.

Yanin, Espada. H.M. 2015. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bangka.

Yuniana, Dwi. 2019. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Blitar (studi Kasus pada dinas pariwisata dan ebudayaan kota Blitar).

Zakiah, Fiqih Umi. 2018. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dalam Membangun Infrastruktur Kota Bandar Lampung Ditinjau Berdasarkan Persefektif Ekonomi Islam Periode 2010-2017.

Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi No. 7 Tahun 2018 Tentang Retribusi Tempat Rekreasi, Pariwisata dan Tempat Olahraga di Kabupaten Sukabumi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2004 Pasal 285 Tentang Sumber-sumber Pendapatan Daerah.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Daya Tarik Wisata..




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.188-194

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.