SUATU KAJIAN TERHADAP KEBERADAAN BIDAN DESA DAN DUKUN BAYI DI DESA MARISI KECAMATAN ANGKOLA TIMUR KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Soritua Ritonga

Sari


Masyarakat Desa Marisi masih ada yang menggunakan jasa dukun bayi dalam proses persalinan, mengingat akan bahayanya persalinan dengan dukun bayi karena tidak memiliki keahlian yang terlatih dan terutama untuk masalah obat-obatan dan pemeriksaan kandungan. Akan tetapi masyarakat masih saja ada yang menggunakan jasa dukun bayi. Desa Marisi sendiri memiliki tenaga kesehatan ahli untuk persalinan yaitu bidan, namun keberadaan bidan sendiri masih belum memiliki pengaruh bagi masyarakat agar tidak menggunakan jasa dukun bayi.

Keberadaan bidan desa dan dukun bayi dalam proses persalinan di Desa Marisi sama-sama sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jasa Bidan merupakan tenaga persalinan yang terlatih dan didukung oleh ilmu medis, peralatan kesehatan serta obat-obatan. Sehingga memberi rasa aman dan keselamatan yang maksimal bagi masyarakat yang ingin melakukan persalinan.

Sedangkan dukun bayi merupakan tenaga persalinan yang keahliannya diperoleh dari turun-temurun, dan menjadi alternatif pilihan masyarakat yang ingin melakukan persalinan karena biaya persalinan yang relatif murah, bisa dibayar dengan barang, dekat dengan pemukiman dan bisa dipanggil ke rumah masyarakat. Faktor-faktor yang membuat masyarakat memilih dukun bayi dalam persalinan yaitu : faktor ekonomi, jarak tempuh bidan yang jauh dari pada dukun, pendidikan masyarakat yang cukup rendah, kebiasaan masyarakat sejak dahulu secara turun menurun.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Mufdilah, dkk, 2012, Konsep Kebidanan Edisi Revisi, Yogjakarta : Nuha Medika

Ratminto dan Winarsih Atik Septi, 2005, Manajemen Pelayanan, Penerbit Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sarwono, Prawiharjo, 2009, Ilmu Kebidanan, Jakarta : Bina Pustaka.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1464 Tahun 2010 Tentang Ijin dan Penyelengaraan Praktik Bidan

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan


Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


____________________________________________________

Fakultas Ilmu Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. St.Mohd. Arief No.32 Padangsidimpuan, 22716, Telp/ Fax: (0634) 21
696 Sumatera Utara
email: jurnal.muqaddimah@um-tapsel.ac.id