KONSTRUKSI IDENTITAS SEORANG GURU SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA TANGERANG

Bayu Baktiar, Yanti Tayo, Wahyu Utami

Abstract


Disaat pandemi covid-19 melanda indonesia terdapat beberapa sektor yang terdampak mulai dari ekonomi, industri hingga pendidikan. Pada sektor pendidikan terdapat perbedaan yang terjadi pada guru sekolah dasar pada saat pemberian materi masa pandemi di karenakan komunikasi yang dilakukan berbeda dengan biasanya sehingga sering terjadinya komunikasinya yang tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru sekolah dasar dapat memaknai profesinya saat memberikan materi dimasa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui komunikasi guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Metode pada penelitian ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat kendala komunikasi yang di alami pada guru sekolah dasar, terdapat minimnya pengetahuan teknologi saat ini pada guru, orangtua dan anak yang mengakibatkan komunikasi yang terjadi kurang maksimal saat proses pembelajaran berlangsung


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astiti. (2018). Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, , 1-9.

Dr.umar sidiq, M.Ag, Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA (Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan )

Hidayat. (2020). PENGALAMAN KOMUNIKASI SISWA MELAKUKAN KELAS ONLINESELAMA PANDEMICOVID –19. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek , 172-182.

Imbas Pandemi Virus Corona Bagi Dunia Pendidikan Indonesia dan Global. (2020, maret 25). Diambil kembali dari Kumparan Sains: https://kumparan.com/kumparansains/imbas-pandemi-virus-corona-bagi-dunia-pendidikan-indonesia-dan-global-1t5YVXRYAbo

Kresna, A. (2020). PENGARUH PHYSICAL DISTANCING DAN SOCIAL DISTANCING TERHADAP KESEHATAN DALAM PENDEKATAN LINGUISTIK . Jurnal Syntax Transformation, 2721-2769.

Kumparan.com. (2020, maret 2). Kurio. Diambil kembali dari Kurio Indonesia: https://kurio.id/app/articles/21606478

MoleongLexy. J.2012.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT RemajaRosdakarya.

Nurdyansyah. (2013). INOVASI MODEL PEMBELAJARAN . Sidoarjo: Nizamia Learning CenterSidoarjo.

Nuriyanti. (2013). PENGEMBANGAN . Unnes Journal of Biology Education, 343-349.

Sugiyono. (2008) . Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendeketan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono. (2012), Memahami Penelitian Kuantitatif,Alfabeta,Bandung.

Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 2541-3686 .

Triwardhani. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi,, 99-113.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.352-360

Article Metrics

Abstract view : 156 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.