PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAERAH (BPKD) KOTA SUKABUMI

Annisa Farhani Subhi, Andi Mulyadi, Yana Fajar FY Basori

Abstract


Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi merupakan sebuah instansi pemerintahan yang berdasarkan Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 48 Tahun 2016 tugas pokok BPKD Kota Sukabumi adalah melaksanakan urusan Pemerintah Daerah di bidang pengelolaan keuangan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan. Namun demikian, terdapat beberapa fenomena permasalahan yang terjadi saat ini, kaitannya dengan disiplin kerja dan kinerja pegawai di BPKD Kota Sukabumi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada BPKD Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif dan asosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pegawai BPKD Kota Sukabumi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian kali ini menggunakan sampel jenuh (sensus) yang merupakan bagian dari teknik non probability sampling. Maka dari itu responden yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner/angkat. Teknik analisis data yang akan peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas Data, Uji Reliabilitas, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Regresi Linier Sederhana, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara disiplin kerja dengan kinerja pegawai pada BPKD Kota Sukabumi.


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, Malayu. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT Bumi Aksara : Jakarta.

Mangkunegara, Prabu A.A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.

Mustari, Hakim dan Juliana. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Enkerang. Jurnal Administrasi Publik.

Pangarso, Susanti. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Biro Pelayanan Sosial Dasar Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Bandung : Universitas Telkom.

Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 48 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi, dan Tata Kerja Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Robbins, Stephen P. (2002). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta.

Safitriani. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kab. Jeneponto. Makassar : UIN Alauddin Makassar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta : Bandung.

Vuspasari, Kuntum. (2011). Hubungan Disiplin Kerja dengan Kinerja Karyawan pada PT. Varia Intra Finance Cabang Lampung. Lampung : Universitas Bandar Lampung Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.345-351

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.