ANALISIS KINERJA SEKRETARIAT KOMISI III DPRD KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2020

Pramesti Lia Wardani, Rahmah Hidayat, Rudyk Nababan

Abstract


kinerja pegawai merupakan suatu tolok ukur untuk menentukan keberhasilan sebuah organisasi dalam menapai visi dan misi organisasi. DPRD merupakan Lembaga perwakilan rakyat yang sangat disoroti karena kinerjanya sebagai wakil rakyat yang menampung aspirasi. Semakin baik kinerja pegawai Sekretariat DPRD maka tujuan dari DPRD sebagai wakil rakyat yang menjaring aspirasi masyarakat akan semakin mudah dicapai dan terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana kinerja sekretariat Komisi III DPRD Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Teknik analisis data dari model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Penarikan kesimpulan menggunakan teori kinerja dari Sedarmayanti yang meliputi kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, inisiatif dan komunikasi. Hasil penelitian terhadap kinerja sekretariat III DPRD Kabupaten Karawang menunjukkan bahwa kinerja pegawai sudah cukup baik, namun dalam segi ketepatan waktu dan disiplin harus lebih dioptimalkan.

Full Text:

PDF

References


Aprilyani, R. Analisis Kinerja Pegawai Bagian Keuangan di Kantor Dprd Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

DJUMAIDIN, T. S. A. (2012). Peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Kabupaten Ende (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

HADIYANOR, E., & Haryanto, MA (2003). Analisis kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong dalam pembuatan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di era otonomi daerah (Disertasi Doktor, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).

Haryati, D. (2016). Fungsi Pengawasan DPRD dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Kajian, 15(3), 523-550.

Fattah, H. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Luthans, F. (2005). Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi

Juliani, Malinda. 2016. Kinerja Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Penjaringan Aspirasi Masyarakat (Studi Masa Reses III Anggota DPRD Kota Malang Tahun 2015). hlm 2

Makagansa, T., Gosal, R., & Singkoh, F. (2017). Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Dalam Menjalankan Fungsi Anggaran Di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Eksekutif, 1(1).

Manan, F. (2015). Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dalam Sistem Pemerintahan Republik Indonesia. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1), 48-61.

Prawirosentono, Suryadi. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan. BPEE: Yogyakarta.

Rahma, 2019. Responsibilitas Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Jeneponto Universitas Muhammadiyah Makasar. hlm 2-5

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : alfabeta, CV

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587).

Peraturan Bupati Karawang Nomor 40 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (Berita Daerah Kabupaten Karawang Tahun 2016 Nomor 41).

Pasundan, 2019. Masyarakat Karawang Bersatu Soroti Kinerja Komisi III. https://www.pasundanekspres.co/jabar/karawang/masyarakatkarawang-bersatu-soroti-kinerja-komisi-iii/ (diakses peneliti tanggal 1 Februari 2021, Pukul 13.52 WIB)

Sindonews, 2019. Batalkan Raker karena tak tahu masalah, DPRD Karawang dikecam tak professional. https://daerah.sindonews.com/artikel/jabar/11554/batalkan-raker-karena-tak-tahu-masalah-dprd-karawang-dikecam-tak-profesional (diakses peneliti tanggal 10 Maret 2021, Pukul 14.00)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.416-421

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.