MENJAGA KETAHANAN UMKM KARAWANG DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI DIGITAL MARKETING

Trisna Ariakusuma, Haura Atthahara, Gun gun Gumilar

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu sektor yang berpengaruh dalam mendorong perekonomian daerah. UMKM memiliki fungsi dan peran yang masif bagi perekonomian sebuah negara, khususnya di Indonesia. Namun, Industri UMKM mengalami tantangan saat pandemi Covid-19. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pemerintah untuk mengurangi persebaran Covid-19 telah mempersempit ruang gerak sektor UMKM untuk beroperasi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari pendektatan deskriptif dalam penelitian kualitatif adalah untuk membuat penggambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu. Melalui tahap penelitian tersebut bahwa langkah perencanaan strategi prioritas dalam penanganan khusus demi menyelamatkan para pelaku UMKM memelurkan strategi yang dapat mengidentifikasikan peluang dan tantangan yang akan dihadapi. Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang juga bekerjasama dengan Komunitas Sahabat UMKM.


Full Text:

PDF

References


Adji Seputro. 2019 “Manajemen Strategik Pemberdayaan Ekonomi UMKM Bagi Masyarakat Menengah Kebawah dalam Rangka Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Era Revolusi Industri 4.0”.

Anggraeni, Citra Dwi. (2017) Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Inovasi produk.

Ayodya, UMKM. (2020). UMKM 4.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Binus University Bandung. Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan. (https://binus.ac.id/bandung/2020/04/penelitian-kualitatif-manfaat-dan-alasan-penggunaan/). Diakses pada 03 April 2021

David, Fred R. Forest R. David. (2015). Manajemen Strategik. (Edisi 15). Pearson Education. (Edisi Bahasa Indonesia). Salemba Empat. (2016).

Eddy Mulyadi Soepardi. “Pengaruh Perumusan dan Implementasi Strategi terhadap Kinerja Keuangan (Survei pada BUMN yang Menderita Kerugian)” Volume XXI No. 3 Juli - September 2005 : 441 – 453.

Hamidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM.

Hasri, B., Santoso, S., & Santosa, D. (2014). ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN DAERAH DI KABUPATEN NGAWI. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri.

Mariyati, T. (2015). Strategi Implementasi Kebijakan Publik dalam Mendorong Percepatan Pengembangan Pengguna Internet. Buletin Pos Dan Telekomunikasi.

Sarwoko, Endi. (2017). Strategi Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi Modernisasi.

Serupa.id. Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam. (https://serupa.id/metode-penelitian-deskriptif). Diakses pada 09 Mei 2021.

Subiyanto, Ibnu. (1993). Metode Penelitian. Jakarta: Gunadarma.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumadi, Marantika Fibrianti. Ananta Prathama. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam pengembangan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) "Handycraft" Limbah Kayu Jadi sebagai produk unggulan Kabupaten Bojonegoro. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia

Sunariani, Ni Nyoman. A A N Oka Suryadinatha Gorda, & Ida IDM Rai Mahaputra. (2017). Pemberdayaan Usaha Kecil dan Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Rencana Strategi (RENSTRA) 2016-2021 (Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Karawang.

Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 3 Tahun 2015

Peraturan Presiden No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.628-635

Article Metrics

Abstract view : 626 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.