IMPLEMENTASI APLIKASI E-LAPOR PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN SUKABUMI

Dio Muhammad Abizar, Ike Rachmawat, Dian Purwanti

Abstract


Masyarakat telah dipermudah dalam mengawasi dan memberikan pengaduan pada pemerintah dengan program nasional yang merupakan suatu aplikasi bernama E-LAPOR (Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat). Namun yang terjadi di Kabupaten Sukabumi yakni masih minimnya sosialisasi penggunaan E-LAPOR sehingga masih banyak masyarakat yang belum dapat mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi E-LAPOR. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi aplikasi E-lapor dengan menggunakan pendekatan implementasi kebijakan dari Donald Van Metter dan Carl Varn Horn yang mempunyai 6 (enam) variabel. Penelitian ini bersifat kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik snowball sampling kepada stakeholder yang dianggap tahu terkait permasalahan yang ada. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi aplikasi E-lapor pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi sudah berjalan dengan baik jika dilihat dari sisi ukuran dan tujuan kebijakan serta karakteristik agen pelaksana. Namun dari sisi sumber daya, sikap atau kecenderungan pelaksana, komunikasi antarorganisasi dan aktivis pelaksana, dan lingkungan ekonomi sosial dan politik belum berjalan dengan baik. Hal tersebutlah yang menghambat keberhasilan dari implementasi aplikasi E-lapor pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi.

Kata kunci: Implementasi, E-lapor, Diskominfo


Full Text:

PDF

References


Mazmanian, D. A. & Paul. A. Sabatier. (1979). The Conditions of Effective Implementation: A Guide to Accomplishing Policy Objectives. California : University of California Press.

Meter, Donald Van dan Carl Van Horn. (1975). The Policy Implementation, Process, A Conceptual Frame Work Dalam Administration and Society, London: Sage Publication.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Angkat, K. M., Kadir, A., & Isnaini. (2017). Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik : Public Admnistration Journal, 7(15), 33–48.

Hartati, S., Herawati, N., & Listiani, E. I. (2013). Kinerja Organisasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN, 5(2), 1–16.

Kristanto, Y. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Rangka Mewujudkan E Government ( Studi Kasus Pelaksanaan Aplikasi Lapor Hendi ). Jurnal of Public Administration and Local Governance, 2(1), 1–11.

Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.128

Rahmi, H. A., Teluma, A. R. L., & Hadi, A. P. (2020). Studi Komunikasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Mataram Melalui Implementasi Aplikasi LAPOR! Tuturlogi: Journal of Southeast …, 1(2).

Witanti, W., & Abdillah, G. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja E-Government, dalam Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (pp. 222–228).

-Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman UmumPengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

-Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

-PERMENPAN RB No. 24/2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.

-PERMENPAN RB No.3 Tahun 2015 Tentang Road Map Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

-Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

-Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

-Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi. (2020) Dokumen Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi Tahun 2020

-Lapor.go.id. (2020). Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Lapor.Go.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.105-113

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.