STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BITTERSWEET BY NAJLA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN

Sintia Tiara Dewi, Oky Oxygentri, Weni A Arindawati

Abstract


Sebuah laporan menunjukkan bisnis kuliner secara online (daring) di Indonesia semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Strategi komunikasi pemasaran tentunya dibutuhkan oleh semua toko atau perusahaan untuk bisa produknya dikenal oleh banyak masyarakat. Berdasarkan alasan tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana “Strategi Komunikasi Pemasaran Bittersweet By Najla dalam Menarik Minat Konsumen”. Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak Bittersweet By Najla ditengah berkembangnya bisnis kuliner. Dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bittersweet By Najla dalam menarik minat konsumen. Dalam metode penelitian ini,peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bittersweet By Najla dengan melakukana wawancara mendalam dan observasi terhadap pihak Bittersweet By Najla sebagai key informan dan konsumen sebagai informan, yang di anggap peneliti perlu dan menguasai ketika saat melakukan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bittersweet By Najla melalui bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion) Dalam strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Bittersweet By Najla adalah melalui empat kegiatan yaitu periklanan,promosi, word of mouth, publikasi.

Kata Kunci : bittersweet by najla, menarik pembeli, strategi komunikasi pemasaran


 


Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (1999). Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Press.

Irawan., B. S. &. (2005). Manajemen Pemasaran Modern.Liberty, Yogyakarta.

Keller., K. &. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kolter, P. dan G. A. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Edisi ke-9. PT Index.

Komunikasi massa suatu pengantar edisi revisi. Bandung, agustus 2004:

Kotler, P. & Keller, K. L. (2006). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12 (terjemahan). Jakarta: Indeks.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran Global, Edisi Bahasa Indonesia,

Kotler, P. (2005). Manejemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Kotler, P. and G. A. (2012). Prinsip Prinsip Pemasara. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan A. (2007). Dasar-dasar pemasaran. Edisi Kesembilan, Cetakan Kedua, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran, Indeks, Jakarta.

Krisyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan ke 4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Meleong, J. L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pawito P. Hd. Penelitian Komunikasi Kualitatif. 2007 Penerbit: Lkis Yogyakarta Penerbit Alfabeta

Purwanto, D. (2011). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya). Jakarta: Grasindo.

Soemanagara, R. (2006). Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis Dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 19. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke 8. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Ujianto, A. (2004). Faktor-Faktor yang Menimbulkan kecendrungan Minat Beli Konsumen Sarung", Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Maret, hal. 36-45.

Zulfa Rohmatin, Hairunnisa, Kezia

Arum Sary, 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Roti Gembong Happy Dalam Menarik Minat Konsumen. Jurnal. Universitas Mulawarman

Wahyu Dwi Nugroho,2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Steak Ranjang Bandung (Pada Konsumen Steak Ranjang Bandung). Skripsi. Universitas Pasundan Bandung

Siti Ropiah, Tri Susanto, Muhamad Ramdhani, 2018. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran De Box Cafe Dalam Menarik Minat Konsumen. Jurnal. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Juniman, P. T. (2017, 01 Rabu). Gaya Hidup Masyarakat Menjadikan Bisnis Kuliner Menjanjikan . Dipetik 12 17, 2020, dari cnnindonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170118121405-262-187137/gaya-hidup-masyarakat-menjadikan-bisnis-kuliner-menjanjikan .

Money+, T. ( 2020, September 2). Dessert Box: Peluang Bisnis dari Kue Kotakan Manis. Dipetik 12 2020, 17, dari blog.amartha: https://blog.amartha.com/dessert-box-peluang-bisnis-dari-kue-kotakan-manis/ .

wartaekonomi. (2020, juli 2). jual 2000 box perhari begini kisah sukses bittersweet by najla. Dipetik desember 17, 2020, dari wartaekonomi: https://www.wartaekonomi.co.id/read292797/jual-2000-box-per-hari-begini-kisah-sukses-bittersweet-by-najla .




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.438-443

Article Metrics

Abstract view : 7113 times
PDF - 3868 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.