Strategi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Dalam Pembinaan Organisasi Masyarakat di Kabupaten Karawang

Dida Rizki Ramadhan, Gun Gun Gumilar, Gun Gun Gumilar

Abstract


Abstrak

Organisasi masyarakat (ormas) merupakan organisasi yang memegang peranan penting dalam memperjuangkan hak-hak rakyat dalam kehidupan bernegara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dilakukan oleh ormas di Kabupaten Karawang yang tidak sesuai dengan tujuan dan funsinya. Konflik  antar  ormas dikatakan sebagai konflik  sosial,  karena  konflik  tersebut  terjadi  dalam kehidupan masyarakat yang  disebabkan  oleh  adanya  perbedaan  pendapat  atau pandangan  tertentu dari  individu  maupun  kelompok  masyarakat. Konflik  sosial  dapat  berupa konflik antar ormas, konflik antar warga, dan konflik antar suku, agama, ras dan golongan. perilaku dan aktivitas tesebut tidak mencerminkan kewajibannya sebagai organisasi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis strategi Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik dalam pembinaan ormas di Kabupaten Karawang. Tipe penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori strategi pemberdayaan menurut Edi Suharto (2017) yang terdiri dari pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukan kantor Kesbangpol Kabupaten Karawang melakukan pencegahan agar tidak terjadinya konflik antar ormas yaitu berupa pembinaan  dan pemberdayaan kepada ormas yaitu dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan dan pembinaan mengenai wawasan kebangsaan  kepada masing-masing ormas di Kabupaten Karawang sehingga dapat melakukan  aktivitas sesuai dengan tujuan dan fungsinya sebagai ormas demi menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan Bangsa.

Kata Kunci: Strategi, Ormas, Karawang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

David, Fred.R. (2011). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Duabelas.n Salemba Empat, Jakarta.

Creswell W, Jhon.( 2016). Research Design,PustakaPelajar, Yogyakarta

Edi Suharto. (2017). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung: PT Rafika Aditama.

Soekanto, Soerdjono, (1981) :Beberapa Teori Sosiologi Tentang Struktur Masyarakat, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Sugiono. (2017). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Hadiyanti, Puji. (2008). Jurnal Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keterampilan Produktif di PKMB Rawasari, Jakarta Timur.

Langi, Engelina, Jalisrin, Jova. (2015). Jurnal Strategi Pemerintah Desa Dalam Pemberdyaan Kelompok Tani di Desa Popontolen Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan.

Pramono, Eddy, Gatot. (2015). Jurnal Keamanan Nasional. Vol. 1.

Prianto, Luhur, Andi. (2012). Jurnal Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Lasiai Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.

Rendi, Herdiansah, Ganjar, Ari. (2016). Jurnal Peran organisasi masyarakat (ORMAS) dan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Menopang Pembangungan di Indonesia.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i2.2022.361-367

Article Metrics

Abstract view : 408 times
PDF - 75 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.