IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN DAERAH TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI KOTA SUKABUMI.

Dede Khaerul Rizal, Deni Muhamad Dania, Erry Sunarya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok di tempat umum khusus nya di terminal A Kota Sukabumi dengan menggunkan teori dari Van Metter dan Van Horn. Dikarenakan masih banyak ditemukan pengunjung, pedagang, bahkan petugas yang kedapatan merokok di dalam kawasan terminal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan  kualitatif dimana unit analisis adalah Dinas Kesehatan kota Sukabumi dan pihak terminal A Kota Sukabumi. Selain dengan melakukan observasi peneliti menggali informasi dengan cara melakukan wawancara terhadap enam orang informan terdiri dari Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Terminal A Kota Sukabumi, Pengunjung, dan Pedagang di dalam terminal. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi perda kawasan tanpa tanpa rokok di tempat umum khususnya pada terminal A Kota Sukabumi belum sepenuhnya terealisasi dengan baik. Ukuran dan tujuan dari kebijakan belum optimal masih banyak yang kedapatn merokok di dalam terminal. Sumber daya finansial yang belum cukup sehingga banyak fasilitas yang belum terpenuhi di dalam pelaksanaan kawasan tanpa rokok dan terbatasnya sumber daya waktu serta kurang nya personil Satpol PP dalam melakukan penindakan. Komunikasi antara dinas kesehatan dan pihak pengelola terminal A belum tersampaikan dengan baik dan secara menyuluruh. Lingkungan ekonomi harga rokok yang murah dapat dijangkau oleh semua masyarakat. Sedangkan karakteristik agen pelaksana dan sikap para pelaksana kebijakan sudah menjalankan sesuai dengan peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di kota Sukabumi.


Full Text:

PDF

References


Buku :

Agustino, Leo. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Fernando, R., & Marom, A. (2016). Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(2), 466-479.

Marchel, Y. A. (2019). Implementasi Kawasan Tanpa Rokok Sebagai Pencegahan Merokok Pada Remaja Awal. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 7(2), 144-155.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Deddy. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep Dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Saifullah, S., Ikbal, M., & Thamrin, H. (2019). Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Kawasan Tanpa Rokok Di Rumah Sakit Arifin Nu’mang Kabupaten Sidenreng Rappang. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(1), 44-55.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Winarno, Budi. (2014). Kebijakan Publik: Teori, Proses Dan Studi Kasus: Cetakan Kedua. CAPS: Yogyakarta.

Peraturan/Undang-Undang :

- Peraturan Menteri Kesehatan Dan Menteri Dalam Negeri No. 188/MENKES/PB/2011 No. 7 Tahun 2011 Tentang Pedoman Kawasan Tanpa Rokok

- Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Rokok




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.69-76

Article Metrics

Abstract view : 43 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.