PERSEPSI SISWA SMA SEDERAJAT KOTA PADANGSIDIMPUAN TENTANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Nurhamidah Gajah, Yessi Siregar, Ummi Kalsum Harahap, Elsa Manora Nasution, Rahmadi Gajah

Abstract


Siswa SMA terutama yang berada pada tahap akhir, tentunya dihadapkan pada bermacam pilihan, apakah melanjutkan pendidikan atau bekerja. Bagi yang melanjutkan, akan dihadapkan dengan pertanyaan kampus mana, fakultas dan jurusan apa yang diambil. Tahun ajaran 2020/2021 tercatat sebanyak 5.131 orang siswa yang duduk di kelas XII di seluruh Sekolah Menengah Atas sederajat di kota Padangsidimpuan, sekolah negeri maupun swasta. Jumlah tersebut dengan rincian SMA sebanyak 2.669 siswa, SMK sebanyak 1.981 siswa dan MA sebanyak 481 siswa. Inilah yang menjadi potensi bagi peguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di kota Padangsidimpuan untuk dapat merekrut mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan terhadap UM-Tapsel. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian ini akan disajikan dalam bentuk kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi sangat besar. Dari 225 responden, hampir seluruhnya mengetahui UM-Tapsel yaitu 221 orang (90,2%), dan  63 orang (25,7%) tahu akreditasi UM-Tapsel, sebanyak 151 orang (61%) mnganggap UM-Tapsel baik/bagus dan secara keseluruhan persepsi siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan terhadap UM-Tapsel adalah penilaian positif.

Kata Kunci : Persepsi, Perguruan Tinggi, Siswa, UM-Tapsel


Full Text:

PDF

References


Andi Agustan Arifin, dkk, (2016). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Konseling Andi Matappa, No. 1. Th. 2017

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bimo Walgito. (2010). Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offest.

Darajat, Zakiah, dkk, (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Dardjowidjoyo, Soejono, (1991). Pedoman Pendidikan Tinggi, Jakarta: Grasindo.

Deswita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati Mahmud. (1990). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE

Hadi, Sutrisno, (1992). Metodologi Research I, Yogjakarta, Yayasan Fakultas Psikilogi UGM

Hadjar, Ibnu, (1999). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada

Fatah Syukur. (2006). Persepsi Mahasiswa Tadris Terhadap Pembelajaran Dosen dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. http;//citraedukasi.blogspot.com/2008/01/penelitian_9813.html. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020.

Hurlock, Elizabeth B., 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta: Erlangga

Irwanto dkk. (1989). Buku Panduan Mahaisiwa. Jakarta: Gramedia.

Jalaludin Rakhmat, (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardalis, (2003). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet.VI, Jakarta, Bumi Aksara

Moesono, (2001). Decision Making, Memilih Studi Psikologi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jurnal Psikologi. No. IX/ Th. VII/Juni 2001.

Shafique Ali Khan, (2005). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Bandung: Pustaka Setia.

Sugiharto, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiono, (2011).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung, Alfa Beta

Suharsimi Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Taliziduhu, Ndraha, (1998). Management Perguruan Tinggi, Jakarta: Bima Aksara.

Wahyu, Hidayat, (2013). Persepsi Siswa Sma Kota Parepare Tentang STAIN Parepare. JurnalKuriositas, Edisi VI, Vol. 1, Thn. 2013

Wakiyono. (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Website :

Kompas.com,http://amp.kompas.com/edukasi.read/2011/05/02/14061246/memilih .perguruan.tinggi.dan.masa.depan




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.362-373

Article Metrics

Abstract view : 419 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.