PERSEPSI SISWA SMA SEDERAJAT KOTA PADANGSIDIMPUAN TENTANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN
Abstract
Siswa SMA terutama yang berada pada tahap akhir, tentunya dihadapkan pada bermacam pilihan, apakah melanjutkan pendidikan atau bekerja. Bagi yang melanjutkan, akan dihadapkan dengan pertanyaan kampus mana, fakultas dan jurusan apa yang diambil. Tahun ajaran 2020/2021 tercatat sebanyak 5.131 orang siswa yang duduk di kelas XII di seluruh Sekolah Menengah Atas sederajat di kota Padangsidimpuan, sekolah negeri maupun swasta. Jumlah tersebut dengan rincian SMA sebanyak 2.669 siswa, SMK sebanyak 1.981 siswa dan MA sebanyak 481 siswa. Inilah yang menjadi potensi bagi peguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di kota Padangsidimpuan untuk dapat merekrut mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan terhadap UM-Tapsel. Metode penelitian yang digunakan yaitu survey dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian ini akan disajikan dalam bentuk kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi sangat besar. Dari 225 responden, hampir seluruhnya mengetahui UM-Tapsel yaitu 221 orang (90,2%), dan 63 orang (25,7%) tahu akreditasi UM-Tapsel, sebanyak 151 orang (61%) mnganggap UM-Tapsel baik/bagus dan secara keseluruhan persepsi siswa SMA sederajat di kota Padangsidimpuan terhadap UM-Tapsel adalah penilaian positif.
Kata Kunci : Persepsi, Perguruan Tinggi, Siswa, UM-Tapsel
Full Text:
PDFReferences
Andi Agustan Arifin, dkk, (2016). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Konseling Andi Matappa, No. 1. Th. 2017
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bimo Walgito. (2010). Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offest.
Darajat, Zakiah, dkk, (1995). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Dardjowidjoyo, Soejono, (1991). Pedoman Pendidikan Tinggi, Jakarta: Grasindo.
Deswita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dimyati Mahmud. (1990). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: BPFE
Hadi, Sutrisno, (1992). Metodologi Research I, Yogjakarta, Yayasan Fakultas Psikilogi UGM
Hadjar, Ibnu, (1999). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan, Jakarta, PT.Raja Grafindo Persada
Fatah Syukur. (2006). Persepsi Mahasiswa Tadris Terhadap Pembelajaran Dosen dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Tadris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. http;//citraedukasi.blogspot.com/2008/01/penelitian_9813.html. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020.
Hurlock, Elizabeth B., 2004. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta: Erlangga
Irwanto dkk. (1989). Buku Panduan Mahaisiwa. Jakarta: Gramedia.
Jalaludin Rakhmat, (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mardalis, (2003). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet.VI, Jakarta, Bumi Aksara
Moesono, (2001). Decision Making, Memilih Studi Psikologi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jurnal Psikologi. No. IX/ Th. VII/Juni 2001.
Shafique Ali Khan, (2005). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali, Bandung: Pustaka Setia.
Sugiharto, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiono, (2011).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung, Alfa Beta
Suharsimi Arikunto. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Taliziduhu, Ndraha, (1998). Management Perguruan Tinggi, Jakarta: Bima Aksara.
Wahyu, Hidayat, (2013). Persepsi Siswa Sma Kota Parepare Tentang STAIN Parepare. JurnalKuriositas, Edisi VI, Vol. 1, Thn. 2013
Wakiyono. (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Website :
Kompas.com,http://amp.kompas.com/edukasi.read/2011/05/02/14061246/memilih .perguruan.tinggi.dan.masa.depan
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.362-373
Article Metrics
Abstract view : 137 timesPDF - 91 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.