EFEKTIVITAS PELAYANAN ONLINE DALAM PENDAFTARAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI

Resti Apriliani, Dine Meigawati, Yana Fajar Basori

Abstract


Dengan adanya pemanfatan tehnologi saat ini banyak intansi pemerintah berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Salah satunya yaitu Dinas kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Sukabumi melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan, yaitu dengan pelayanan online Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan online dalam pendaftaran pembuatan kartu keluarga(KK) di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Sukabumi. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini ingin menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan dalam pendaftaran pembuatan KK di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sukabumi belum berjalan efektif. Fenomena yang peneliti temukan dilapangan yang pertama, pengguna pelayanan online dalam pendaftaran KK masih rendah yaitu hanya berjumlah 238 sedangkan untuk pemohon yang datang langsung sebanyak 40.719, fenomena masalah yang kedua adalah terjadinya antrian panjang dalam verifikasi data pembuatan KK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam penelitian ini yang dilakukan bersifat deskriptif yang menggambarkan fenomena sebenarnya yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pelayanan Online dalam Pendaftaran Pembuatan Kartu Keluarga di Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Sudah berjalan dengan baik. Namun masih belum optimal dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan sehingga pengguna pelayanan online dalam pendaftaran pembuatan kartu keluarga masih rendah.

Kata Kunci : Efektivitas, pelayanan publik, Pembuatan Kartu Keluarga


Full Text:

PDF

References


Creswell (2016). Pendekatan Metode,Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dun, William N. 2008. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS.

Mahmudi. 2019. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mulyadi, Dedi. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Steer, M. Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta : Erlangga.

Sinambela, dkk. 2011. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT BUMI AKSARA.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA, cv.

Sutrisno, Edy. 2013. Budaya Organisasi. Jakarta : KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.

Afdoli Adam Anshari dan Malau Hasbullah. 2019. Efektivitas Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUP M Djamal Kota Padang. Padang: Journal Of Multidiscipliner Research and Development.

Febliany, Imelda dkk. 2014. Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerapan Investasi Di Kalimantan Timur. Kalimantan Timur eJournal Administrative Reform.

Hidayat, Galih. 2018. Tingkat Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Online di Kantor Imigrasi Kelas I Serang Provinsi Banten. Serang: Skripsi Program Studi Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Jafami wingfi dan Eriyanti Fitri (2019). Efektivitas Pelayanan Keliling Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ilmu Administarsi Publik, 2 Nomor 1, 75-85

Rahmawati, Linda. 2018. Efektivitas Pelaksanaan Program Kartu Identitas Anak (KIA) Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Cilegon Tahun 2017. Cilegon : Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Soraya,Tania. Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online di Kabupaten Pati. Diponegoro: Jurnal Departement Politik dan Pemerintahan Universitas Diponegoro.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kepndudukan Secara Daring

Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 10 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v6i1.2022.19-27

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.