Inovasi Program Kesehatan 24 Jam Dalam Mewujudkan Good Health Care Governance di Kabupaten Bantaeng
Abstract
IABSTRAK
Inovasi pemerintah dalam pelayanan kesehatan merupakan salah satu urusan otonomi yang dimiliki banyak ruang inovasi karena tantangan layanan kesehatan bersifat sangat konpleks ,kompleksitas itulah yang selalu menghasilkan berbagai ide selain menghasilkan kebaruan dalam suatu pembaruan inovasi pemerintah antara lain dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik dipemerintah pusat dan pemerintah daerah. Di tingkat daerah, misalnya disaat ini ada beberapa kabupaten dan kota yang sudah berhasil mengadakan inovasi-inovasi administrasi, sehingga dapat memperbaiki penyelenggaraan pemerintah, serta dapat melayani masyarakat dengan lebih baik. Tetapi kinerja pemerintah daeah dalam melaksanakan pelayanan publik dan meningkatkan pencapaian pembangunan daerah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (menjelaskan kondisi objek dengan cara-cara ilmia) dengan informasi sebanyak 9 (sembilan) orang yang dipilih berdasarkan pandangan dari penulis bahwa informasi tersebut memiliki pengatahuan dan informasi mengenai masalah yang penulis teliti antara lain: kepala pelayanan kesehatan ,pegawai rumah sakit, masyarakat pengguna layanan(pasien), tokoh masyarakat. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa ; observasi dan dokumentasi serta dikembangkan dengan wawancara terhadap informasi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa inovasi pemerintah daerah dalam pelayanan kesehatan 24 jam dia Kabupaten Bantaeng bisa dikategorikan pelayanan yang baik dan maksimal, karena berdasarkan aturan-aturan pemerintah itu sendiri dan dirasakan pelayanan terhadap tokoh masyarakat dan pengguna layanan(pasien).
Kata kunci : inovasi pemerintah, pelayanan kesehatan, Tata Kelola Pemerintahan yang baik.
ABSTRACT
Government innovation in health care is one of the affairs of the autonomy that has plenty of space innovation, because the challenges of healt services is very complex, the complexity that always produces a novelty in a newness of innovation the government among other to improve services to the public in both the central government and local government. At the local level , for example, when there are several counties and cities that have successfully entered administrative innovations, so as to improve administration of the government, and can serve the performance of local goverments in implementing publick service and improve the achievement of regional development. This type of research is qualitative research ( explain the conditions of the object with scientific ways) with as much information as (nine) persons who have been selected based on the views of the auther that such information has the knowledge and information on issues that I researched, among others: the head of health service s, employee hospitals, service recipients (patients), public figures. Data collected by using instruments such us; observation and documentation and developed with interviewsto information. The results of this study indicate that the local government innovation in healt services can be categorized as the good and the maximum, because according the rules of government itself and perceived service to community and service users (patients).
Keyword: innovation of local government, health services, Good Governance.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azwar, Muh, 2005, Pelayanan Kesehatan.: Yogyakarta:Pusat Study Reformasi Pelayanan Public.
Drucker, Peter, 2007, Political Innovation Pemerintah Daerah: Jakarta.
Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta: Bumi Aksara
Juanita, R, 2008, PelayananKesehatan Di Indonesia: Arogya
Levely, 2008, Etika Pelayanan Kesehatan: Jakarta: PT Gunung Agung.
Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).
Muhammadiah, M. (2011). Reformasi Pelayanan Publik Sebagai Strategi Mewujudkan Good Governance. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).
Robbins stevens, 2009. Teori Organisai. Jakarta: Erlangga.
Pradana, riga, 2003, Organizational Inovasi Pemerintah Pelayanan Publik: Semarang
Tjiptoherijanto, 2008, Pelayanan Umum Kesehatan Dan Bermutu: Bandung
Winarsi, 2007, Pelayanan Kesehatan Masyarakat: Jakarta: Ghalia Indonesia
Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Kesehatan Pasal 4-8
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v2i1.2018.13-22
Article Metrics
Abstract view : 1857 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 2974 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.