Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa
Abstract
Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) merupakan Perguruan tinggi yang terbilang masih muda dengan jumlah mahasiswa yang cukup banyak. UMMI senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraannya melalui implementasi program-program prioritas berdasarkan hasil evaluasi diri khususnya dalam hal peningkatan kompetensi dosen dan kualitas pelayanannya. Namun masih terdapat permasalahan pada kepuasan mahasiswa yakni pada dimensi kesesuaian harapan yaitu mahasiswa belum merasa puas dengan layanan akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan akademik dan kompetensi dosen bidang akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data yang penelti gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel yang diambil harus sama porsinya dengan jumlah mahasiswa sesuai dengan fakultasnya masing-masing, dengan jumlah keseluruhan 100 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien determinasi, koefisien kolerasi ganda, uji secara simultan (uji F) dan uji secara parsial (uji T). Hasil penelitian menunjukan variabel kepuasan mahasiswa dengan persentase 84% dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan kompetensi dosen. Sementara 16% berasal dari faktor yang tidak diteliti dalam penelitian.
Kata kunci: Kepuasan Mahasiswa;Kompetensi Dosen; Kualitas Pelayanan.
Full Text:
PDFReferences
Arief. (2007). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Daly, Hamlan. (2015). Pengaruh Kompetensi, Disiplin dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 1, Januari 2015 hlm 84-94 ISSN: 2302-2019. Sulawesi Tengah.
Isnaini, M., Kusuma, D., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uns. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20. https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17968
Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.
Marzuki, M. F., Nurwati, & Rommy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kompetensi Dosen Terhadap Kepuasan Mahasiswa. JUMBO ( Jurnal Manajemen , Bisnis , Dan Organisasi ) Univerisias Halu Oleo, 3(3), 85–97.
Melly dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Problem Pre Solution. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol 1. No 1 Hal 66-73.
Saifuddin, & Sunarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1. 8(2), 177–216.
Susanto, H. (2014). Pengaruh Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (Upbjj) Mataram. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 1–98.
Taman, A., Sukirno, S., Sari, A. R., Setiawan, N., & Pustikaningsih, A. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 99–111. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1651
Teguh Santoso, M. P., & Ekawaty, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Kinerja Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus Kelas Internasional Di Program Studi Manajemen Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang (2017-2018). Buana Ilmu, 3(1), 33–51. https://doi.org/10.36805/bi.v3i1.454
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta
Yuniarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 18 (1). June 28, 2018.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm Seventh Edition. In Business Horizons (Vol. 51, Issue 3). The McGraw-Hill Companies. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2008.01.008
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.320-328
Article Metrics
Abstract view : 1130 timesPDF - 469 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.