STRATEGI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA DALAM KESADARAN MASYARAKAT MENGENAI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KOTA SUKABUMI

Ina Nuraeni, M Rijal Amirulloh, Dine Meigawati

Abstract


Keluarga Berencana (KB) adalah proses perencanaan sebuah keluarga dengan mengatur waktu kehamilan yang sesuai dengan keinginan, menentukan jarak kehamilan, dan untuk menerapkan tentang fungsi-fungsi keluarga.Dengan dibuatnya kebijakan tentang Program Keluarga Berencana (KB) ini tentu saja dilandasi dengan kebutuhan masyarakat untuk membangun keluarga bahagia dan sejahtera. Disisi lain timbul permasalah lain yang dimana pertumbuhan masyarakat meningkat yang berdampak pada kepadatan penduduk.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dalam kesadaran masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yang menggambarkan fenomena sebenarnya dari kejadian di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan dokumentasi yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga variabel strategi dari Dess dan Miller meliputi sasaran-sasaran, kebijakan, dan rencana rencana. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa strategi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dalam kesadaran masyarakat sudah berjalan dengan baik jika dilihat dari sisi rencana-rencana. Namun dari sisi sasaran-sasaran belum berjalan dengan baik. Hal tersebutlah yang menghambat keberhasilan dari strategi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dalam kesadaran masyarakat di Kota Sukabumi.

Kata kunci :Strategi; Pengendalian Penduduk; Keluarga Berencana.


Full Text:

PDF

References


Afif, Faisal., Abdullah, Ismeth., 2010, Manajemen Strategik Keorganisasian publik, Bandung : Refika Aditama.

Moleong, Lexy J, 2017, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sabariah, Etika, 2016, Manajemen Strategis, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Saladin, H.Djaslim, 2004, Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan, Bandung : Linda Karya.

Sugiyono, 2017, Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Siagian, Prof. Dr. Sondang P, 2008, Manajemen Stratejik, Jakarta : Bumi Aksara.

Yusuf, A.Muri, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta : Kencana.

Airin, Farah., 2015, Strategi Komunikasi BKKBN Provinsi Banten dalam Proses Pembentukan Kesadaran Program Keluarga Berencana.

Fitri., 2018, Efektivitas Program Keluarga Berencana dalam Menekan Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Makasar.

Friskandhi, Dwika Ovelia., 2015, Strategi Komunikasi BKKBN Provinsi Jawa Barat dalam Mempersuasi Suami Untuk Mengikuti Program Vasektomi (Studi Kasus di Kabupaten Bekasi).

Paradina, Nimas Novita., 2014, Strategi Komunikasi Pnyuluhan Lapangan Keluarga Berencana Dalam Partisipasi Pasangan Usia Subur Pada Program Keluarga Berencana di Kota Samarinda, Ilmu Komunikasi, 2, 258-267.

Pratama, Denny., 2018, Strategi Pengendalian Penduduj dan Keluarga Berencana dalam menjalankan Program Kampung KB di Kabupaten Lahat.

Susanti, Herdiana ayu., 2015, Strategi Komunikasi Badan Kependuduk dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Vol 2 Nomer 4, 243- 254.

Oktaviani, Anastasia., 2018, Implementasi Program Keluarga Berencana di Kota Semaranng (Studi kasus dikelurahan Lamper Tengah)

Wulandari, T. 2008. Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Keluarga Berencana (Penelitian di Desa Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 2(1).

Undang-Undang No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Perkembangan Keluarga.

Departemen Kesehatan RI Tahun 1997 tentang Keluarga Berencana.

Peraturan Daerah No 9 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.277-285

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.