STRATEGI DINAS PERDAGANGANKOPERASI DAN UKM KABUPATEN SUKABUMI DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR USAHA MIKRO & KECIL

Cahya Nabila, Tuah Nur, M. Rijal Amirulloh

Abstract


Usaha Mikro dan Kecil perlu diberdayakan untuk membuka lapangan usaha baru dengan cara; penumbuhan iklim usaha yang mendukung pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Usaha Mikro dan Kecil bisa bertahan bahkan disaat krisis ekonomi melanda. Walaupun tergolong kecil namun usaha ini mampu bertahan dikarenakan langsung dirasakan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Peran perdagangan dalam perekonomian daerah merupakan salah satu indikator kemajuan perekonomian suatu daerah serta memiliki potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui bagaimana Strategi Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukabumi dalam pengembangan sektor Usaha Mikro dan Kecil. Metode penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah yang akan dan sedang diteliti. Metode penelitian adalah suatu cara untuk mencari kebenaran secara ilmiah berdasarkan data yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan ketiga triangulasi tersebut, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu agar dalam penelitian ini didapatkan validitas yang akurat. Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada objek penelitian dengan daya yang dapat dilaporkan oleh peneliti. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa target yang ingin dicapai organisasi/perusahaan, dalam hal ini para pelaku usaha mikro dan kecil untuk mendapatkan legalitas usaha yaitu Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) Dinas memberikan pelayanan publik dalam bentuk administrasi sesuai dengan Perbup Nomor 78 Tahun 2017, namun dalam pelaksanaannya masih saja ada para UMK yang belum mempunyai IUMK.

Kata Kunci: Strategi; Perdagangan;  Usaha Mikro & Kecil


Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ayodya, Wulan. 2020. UMKM 4.0 Strategi Umkm Memasuki Era Digital. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemdikbud, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi) - Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.

Moleong , Lexy. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya .

Poerwadarminta, W.J.S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Pranoto, Toto, dan BOD Perum Jamkrindo. 2017. Industri Penjaminan Empowering Umkm Dan Koperasi Naik Kelas. Jakarta: Lembaga Management FEB UI dan Jamkrindo.

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya.

Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Jakarta: PT Grasindo.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Siagian, Sondang. P. 2004. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Abidin, A. Z., & Dharma, M. B. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Tangerang Selatan. In PROCEEDINGS (Vol. 2, No. 1).

Albertus, N. P. D. F. 2017. Strategi Disperindagkop Ukm Di Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Pengembangan Home Industry Di Indonesia. DEDIKASI, 36(1), 80-87.

Astari, S. 2019. Strategi Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Langkat Dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Batjeran, D. M. 2010. Strategi Dinas Perisdrustrian Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (DISPERINDAG KOP & UMKM) Kabupaten Karangamyar Dalam Pengembangan Home Industri Batik Tulis.

Kusdiana, D., & Gunardi, A. 2014. Pengembangan Produk Unggulan UMKM Kabupaten Sukabumi. Trikonomika, 13(2), 153–171

Paramasari, D. A. 2009. Strategi Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam Pengembangan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret

Said, A. M. F., & Muhammad, A. 2015. Strategi Pemberdayaan UMKM Pada Dinas Koperindag Kabupaten Maros (Studi Kasus Pada Sektor Perdagangan). Universitas Hasanudin, Makasar.

Warcito, W., Ikhwan, K., & Butarbutar, P. H. 2020. Pemetaan Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil Di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen, 11(1), 60-70.

Wardani, H. 2013. Peranan Dinas Koperasi Dan UKM Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Undang – Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Peraturan Bupati No. 78 Tahun 2017 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Dokumen publikasi RENSTRA (Rencana Strategis) Tahun 2016-2021 Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi.

Seksi Penguatan Kelembagaan, Data dan Informasi Usaha Mikro dan Kecil. Data UMK Binaan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi 2017, 2018 dan 2019.

Rencana Strategis Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Tahun 2005-2009




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v5i2.2021.172-180

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.