Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Al Fatah Ambon
Abstract
Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Al Fatah Ambon. Penelitian ini melibatkan 48 sampel yang merupakan guru dan siswa pada Madrasah Aliyah Al Fatah Ambon dengan teknik penarikan sampel yaitu purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi, uji instrumen (validitas, realibilitas). Metode analisis datanya yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis terdiri dari uji t dan uji koefisien determinasi (R2), semua pengujian dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (Idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation dan individual consideration) terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada uji t yang mana nilai t hitung lebih besar daripada t tabel, yang artinya ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan variabel yang berbeda yang diduga mampu mempengaruhi kinerja guru.
Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Gur
Full Text:
PDFReferences
Ashlan, Said dan Akmaluddin. 2021. Manajemen Kinerja Guru: Melalui Kompetensi, Komitmen Dan Motivasi Kerja. Makassar: Penerbit Yayasan Barcode
Hafidulloh, Sofiah Nur Iradawaty dan Mochamad Mochklas. 2021. Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin Dan Kinerja Guru. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani
Jamalludin. 2023. Supervisi Kinerja Guru. Yogyakarta: Bintang Semesta Media
Joen, Siemze, Purnawati dan Amiruddin. 2022. Kinerja Guru Pendekatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru. Palu: Magama
Kartono, Kartini. 2004. Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?). Jakarta: RajaGrafindo Persada
Kusumastuti, Adhi, Ahmad Mustamil Khoiron dan Taofan Ali Achmad. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublich
Madiistriyatno, Harries. 2019. Pemimpin dan Memimpin. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani
Muhammad, Fadel. 2024. Pengantar Kepemimpinan. Malang: Selaras Media Kreasindo
Rifa’i, Muhammad dan Rusydi Ananda. 2022. Kepemimpinan Pendidikan (Bahan Ajar Berbasis Riset Pengembangan). Medan: Pusdikra Mitra Jaya
Siahaan, Amiruddin. 2018. Kepemimpinan Pendidikan (Aplikasi Kepemimpinan Efektif, Strategis dan Berkelanjutan). Medan: Widya Puspita
Sidiq, Umar dan Khoirussalim. 2021. Kepemimpinan Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suriagiri. 2020. Kepemimpinan Transformasional. Lhokseumawe: Radja Publika
Tumiran, Rustam Efendi dan Bahtiar Siregar. 2022. Monograf Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Banjar: Ruang Karya Bersama
Zacharias, Tehubijuluw. 2021. Teori Organisasi (Perspektif Organisasi, Konsep, Dimensi, Tipologi dan Pendekatan Kultur Administrasi Publik, Edisi Revisi). Pasuruan: Qiara Media
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p
Article Metrics
Abstract view : 51 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.