Analysis Of Service Quality Through The Visiting System For Inmates In Class II-B Prison In Gunungsitoli City
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap sistem kunjungan warga binaan di Lapas Kelas II-B Kota Gunungsitoli. Kualitas pelayanan kunjungan bagi warga binaan merupakan aspek penting dalam pemasyarakatan yang berkontribusi pada kesehatan mental dan kesejahteraan mereka selama menjalani hukuman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, kemudian data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan petugas lapas, warga binaan dan keluarga binaan serta pengamatan langsung selama kegiatan kunjungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem kunjungan yang terstruktur dan efisien belum mampu meningkatkan kepuasan warga binaan dan keluarganya, karena masih belum optimalnya pelayanan yang diberikan Lapas Kelas II-B Kota Gunungsitoli, terutama pada dimensi tangible (bukti fisik) dan daya tanggap petugas terhadap pemberian informasi bagi keluarga binaan.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kunjungan, Warga Binaan
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, J. L. (2022). Sistem Pelayanan Publik Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Malang di Masa Pandemi dalam Pemenuhan Hak Pengunjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Agung, A. A. I., Vanyantari, M., & Pemasyarakatan, P. I. (2022). Analisis Kualitas Layanan Kunjungan Online. 16(1), 43–58. https://doi.org/10.15575/adliya.v16i1.18026
Agustina, R. (2019). Pengaruh Kinerja Petugas Terhadap Kualitas Layanan di Lapas. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 10(2), 105-120.
Agustina, Duwi., et al (2022) Pemberdayaan Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Perempuan Kelas III Pangkalpinang Melalui Kegiatan Kewirausahaan “Custom Bouqet Handcraft”. Jurnal Abdi Insani, Volume 9 Nomor 3 Edisi September 2022, 896-905 https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.664
Basyriah, U., Putri, A., & Hasannah, Z. N. (2020). Inovasi Pelayanan Publik di Kantor Desa Landungsari. Prosiding Simposium Nasional’’Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan Di Era Revolusi Indusri 4. O", 440–463.
Buntuang, R. F. V. (2020). Kualitas Pelayanan Kunjungan Berbasis Sistem Database Pemasyarakatan. JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 7(3), 458–466.
Creswell, J. W. (2014). Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches). In Research Design Third Edition. Sage Publications.
Hajar, S. (2017). Increased Capacity Village Officials About Governance Administration in of the Village Administration. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 84(Iconeg 2016), 387–389. https://doi.org/10.2991/iconeg-16.2017.86
Hajar, S. (2021). Pemerintahan desa dan kualitas pelayanan publik (D. Hartanto (ed.); First). UMSU PRESS. http://umsupress.umsu.ac.id
Hamirul. (2018). The Pathology of Public Service in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 4(2), 1–16.
http://www.ejurnalstiamataram.ac.id/index.php/tatasejuta/article/view/37
Lxhlastya, Hendrix., Wicaksono, Anggit., Christina, L. (2023). Sistem Penyelenggaraan Layanan Kunjungan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Rembang Selama Masa Pandemi Covid-19. Suara Keadilan, 24(2), 125–132.
Johnson, H. Avon & Johnson, Geoffrey. (2020) Prison Staff and Family Visits: United Kingdom Case Study. Humanities and Social Sciences, Volume 8 No. 2, pp 63-72 https://doi.org/10.11648/j.hss20200802.13
Kholik, Kholilul., et al (2022) Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Mutu di Puskesmas Kota Medan. Jurnal Sinar Manajemen, Volume 9 No. 3 pp 495-506 https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.3017
Sinaga, Natalia, K.T., et al (2023) Implementation of The E-Kelurahan Program in Improving Public Services in Kelurahan Koya Timur City of Jayapura. Proceedings of The International Conference ob Communication, Policy and Social Science (InCClusi 2022). https://doi.org/10.2991/978-2-494069-07-7_53
Nasution, E. (2022). Pelaksanaan Hak Mendapat Kunjungan Keluarga Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lapas Kelas Iib Kayu Agung Pada Masa Pandemi Covid-19.
Putu, N., Purwani, S., Hukum, F., & Mahendradata, U. (2023). Optimalisasi Layanan Kunjungan Sebagai Hak Warga Binaan Di Lembaga. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(10). http://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/379
Rahman, La., Asmiddin., Terri, A. (2023). Manajemen pelayanan publik di lembaga pemasyarakatan kelas iia kota baubau. Administratio: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 18–24. https://doi.org/https://doi.org/10.55340/administratio.v12i1.1253
Saputra, Agung., et al (2024) Analisis Kebijakan Kesehatan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Kota Medan. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, Volume 15 No 2 pp. 210-227 https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.10182
Sari, W. (2020). Transparansi Kebijakan Kunjungan di Lapas Kelas IIA Bandung. Jurnal Kebijakan Publik, 8(2), 78-89
Setiawan, D. (2020). Perlakuan Adil dan Dampaknya pada Kepuasan Pengunjung di Lapas Kelas IIB Tanjung Pinang. Jurnal Penelitian Hukum, 15(3), 45-60.
Twizeyimana, J. D., & Andersson, A. (2019). The public value of E-Government – A literature review. Government Information Quarterly, 36(2), 167–178. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.01.001
Woodall, James & Kinsella, Karina. (2018) Striving for a Good Family Visit: The Facilitative Role of a Prison Visitors Centre. Journal of Criminal Psychology, Volume 8 No. 1, pp. 33-43 https://doi.org/10.1108/JCP-03-2017-0011
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p
Article Metrics
Abstract view : 58 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.