Pengaruh E-Commerce Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)

Ladyka Febby Olivia, Jhon Veri

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh e-commerce terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, e-commerce telah menjadi alat yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), di mana berbagai literatur dari tahun 2020 hingga 2024 dianalisis untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai dampak e-commerce terhadap UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce memberikan berbagai keuntungan bagi UMKM, termasuk peningkatan penjualan, akses pasar yang lebih luas, efisiensi operasional, dan pengurangan biaya. Namun, untuk memaksimalkan manfaat ini, UMKM juga perlu mengatasi tantangan seperti keamanan data dan persaingan yang ketat. Implementasi strategi pemasaran digital yang tepat dapat membantu UMKM untuk lebih efektif dan efisien dalam mencapai target pasar mereka.

Full Text:

PDF

References


Budi Satoto, E., Fatmawati, E., Maulina, L., Firdaus, A., & Anwar, H. (2023). STRATEGI PEMASARAN PADA BULAN RAMADHAN: PEMBELAJARAN DARI PEDAGANG PASAR TRADISIONAL. 7(1), 2023.

Calvin, Kurnaedi Julius, Lim Jimmy, Ardiansyah Rano, & Sentoso Antony. (2023). Analisis Pemasaran Digital Pada UMKM Lims Nasi Lemak.

Dyansari. (2023). PERAN TEKNOLOGI TERKINI DALAM E-BISNIS. https://ssrn.com/abstract=4568019

Kala’lembang, A. (2023). Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital

Kurnyasih, A., & Syahbudi, M. (2023). Pengaruh E-commerce dalam Memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Binjai Tahun 2022. 4(2), 291.

Maulani, I., & Riska, anggraeni. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS MODERN. 3(2).

Nasrul, N., Hatani, L., Juharsah, J., Hamid, W., Amalia Madi, R., & Isalman, I. (2021). Edukasi UMKM dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Jual Produk serta Teknik Pemasaran di Desa Rambu-Rambu Jaya Kec. Ranomeeto Kab. Konawe Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 139–146. https://doi.org/10.54082/jamsi.59

Rafqi Ilhamalimy, R., Ketut Kusuma Wijaya, I., Ketut Sukarma, I., Oktavia Hanna, F., & Nur Chasanah, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Talas Menjadi Kue Bolu Dengan Strategi Penjualan Melalui Pemasaran Tradisional Dan Digital Di Desa Jenggik Utara. Journal of Community Service), 5(4), 2686–519. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1505

Simamora, S. C., Gaffar, V., & Arief, M. (2024). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW DENGAN METODE PRISMA: DAMPAK TEKNOLOGI BLOCKCHAIN TERHADAP PERIKLANAN DIGITAL.

Sundari, S., Lestari, H. D., Program, ), Manajemen, S., Ekonomika, F., Bisnis, D., Purwokerto, W., Raya, J., Karangsalam, B., 25, N., Banyumas, K., Tengah, J., & Raya, P. J. (2022). PEMASARAN DIGITAL DALAM KEWIRAUSAHAAN. In WIKUACITYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1). https://wikuacitya.unwiku.ac.id/JurnalWikuacitya:JurnalPengabdianMasyarakat//94

Teguh Saputra, H., Maryatul Rif, F., & Andrianto, B. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM. In Journal Economy Management Business and Entrepreneur: Vol. I.

Virgiananda Salendar, A., & Raharjo, S. T. (2022). HUBUNGAN ANTARA TRANSISI PEMASARAN DARI PEMASARAN TRADISIONAL KE PEMASARAN DIGITAL DENGAN VOLUME PENJUALAN (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Tangerang). In Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 19, Issue 2). http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.849-854

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.