Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau

Astin Ramahdani, Dita Fisdian Adni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap pelayanan publik pada Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed method yaitu metode gabungan antara kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan Kuesioner, Teknik penarikan sampel menggunakan Teknik Sensus dan Purposive Sampling . Teknik Sensus Sampling disini teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sampel, yakni Esekretariat, Kasubag dan kabid pada dinas Pendidikan provinsi Riau. Dan Purposive Sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang mana dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengurus Surat mutasi siswa SD dan SMP, teknik ini digunakan untuk mendapatkan data yang konkrit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja pegawai ternyata sangat berpengaruh terhadap pelayanan publik pada dinas Pendidikan Provinsi Riau, diterima dan memperoleh nilai t-hitung 2,054 maka keputusannya H1 diterima. Artinya secara parsial kinerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap pelayanan publik pada Dinas pendidikan Provinsi Riau. Dan hasil temuan peneliti di lapangan di dukung data wawancara menyatakan bahwa adanya hambatan yang dialami oleh Pegawai Dinas pendidikan Provinsi Riau yaitu pegawai yang ada di Dinas Pendidikan Provinsi Riau kurangnya arahan dalam menginformasikan pengunjung untuk menyelesaikan keperluannya sesuai dengan bidang yang bersangkutan dan juga ketidakdisiplinan pegawai dalam hal waktu jam kerja.

Kata kunci: Kinerja Pegawai,Pelayanan Publik,Dinas Pendidikan Provinsi Riau


Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto, Agus Pramusinto, A. (2018). Ilmu administrasi publik di Indonesia.

Arfandy, W. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Daerah Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Serdang Begadai. Repositori.Uma.Ac.Id, 1–23. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/1403

Ayu, G., Irwan, I., Latif, A., & Sahar, S. (2021). Fungsi Koordinasi Terhadap Pelaksanaan Pemerintah Di Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 9(1), 28–38. https://doi.org/10.55678/prj.v9i1.346

Creswell, J. W. (2013). Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan MixedJ. Deepublish.

Dewi, A. D. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Pasar Surya Surabaya. Universitas Surabaya, July, 1–23.

Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Erlianti, D., Tinggi, S., Lancang, I. A., Dumai, K., Gunung, J., No, M., Dumai, B. A., Pelayanan, K., & Jaminan, P. E. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Kata Kunci. Jurnal Administrasi Publik & Bisnis, 1(1), 9–18. http://ejournal.stia-lk-dumai.ac.id/index.php/japabis

Indriatno, U. (2018). Analisis Bauran Promosi Mobil Merek Honda Mobilio Pada PT. Kerta Jaya Utama- Honda SM Amin Pekanbaru.

Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

INKHA RHOSYADA, V. (2021). Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Banyuwangi. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta., 6–22.

Kanedi, I., Utami, F. H., & Zulita, L. N. (2017). Sistem Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Bengkulu. Pseudocode, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.37-46

Kusuma, M. (2020). Implementasi Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Di Kelurahan Sukabangun. Jurnal Hukum Tri Pantang, 6(2), 19–32. https://doi.org/10.51517/jhtp.v6i2.262

M. Iqbal. (2020). Metode Mixed Methods.

Mananeke, T. D. W., Rares, J. J., & Tampongangoy, D. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Jurnal Administrasi Publik, 5(78), 1–15.

Modal, D. P., & DAN, T. K. (2019). Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sektor Peternakan”, Diakses Pada, 2018. http://dpmptsp.bontangkota.go.id/upload/download/373b1bf8df9d2886132d6c12fb7574ac_Revisi renja 2017-1.pdf

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan.

Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(1), 9–25. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i1.7

PRANYOTO, R. A. P. (2021). Penelitian BAB 3. Journal, 1–23.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Purwono. (2008). 25-53-1-SM.pdf. In Universitas gajah mada (pp. 66–72).

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466

Putri, S. I. N., Selvy, Roles, G. H., & Ellen, A. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawa Pada Pt. Budi Raya Perkasa. Jurnal Maznajemen, 5(1), 71–80.

Raden. (2016). Tinjauan Standar Kinerja. UIN Suska Riau, 1–23. https://repository.uin-suska.ac.id/2692/4/BAB III.pdf

Rusli. (2014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.

Sedarmayanti. (2004). Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Bagian Kedua Membangun Sistem Manejemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik).

Solechan, S. (2019). Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(3), 541–557. https://doi.org/10.14710/alj.v2i3.541-557

Solihah, R. (2019). Perihal Pemerintah dan Yang Diperintah. Pengantar Ilmu Pemerintahan, 544.

Sugiono. (2019). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta.

Suhartoyo, S. (2019). Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Administrative Law and Governance Journal, 2(1), 143–154. https://doi.org/10.14710/alj.v2i1.143-154

Suwari Akhmaddhian, G. A. dan. (2015). Pengelolaan Dana Otonomi Berdasarkan Undang Undang Daerah Istimewa Provinsi Aceh Dan Undang Undang Otonomi Khusus Provinsi Papua. UNIFIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 2(2). https://doi.org/10.25134/unifikasi.v2i2.413

Syafiie. (2018). Pengertian Dan Bentuk-Bentuk Pemerintahan. Jurnal Pengerian Pemerintahan, 5–8.

https://osf.io/69ruf/download#:~:text=Bentuk pemerintahan adalah suatu istilah,kekuasaannya atas suatu komunitas politik.

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf

Yuniati, U. (2021). Metode Penulisan Laporan KKP. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pembinaan Praktik

Ketenagakerjaan yang Adil dan Reformasi Indonesia.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Pasal 1 ayat (1) Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 25 Tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Asas-Asas Pelayanan Publik.

Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 1995 Tentang Hari Kerja di Lembaga Pemerintah.

Keputusan KEMENPAN Nomor 62 Tahun 2003 Tentang Prinsip Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menpan Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i4.2024.%25p

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.