Systematic Literatire Review Tantangan Dan Peluang Digital Entrepreneurship

Sonia Indhira, Jhon Veri

Abstract


Transformasi kewirausahaan digital di era teknologi membawa berbagai peluang dan tantangan. Digital entrepreneurship merupakan suatu gambaran mengenai bagaimana kewirausahaan akan ditransformasikan oleh teknologi menuju dunia digital, mulai dari cara merancang serta memasarkan suatu produk, menjangkau dan memberikan pelayanan kepada konsumen, mengelola arus keuangan, berkolaborasi dengan mitra, serta menganalisis peluang, strategi, risiko, target pemasaran, dan sebagainya. Wirausahawan harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan tren pasar, serta terus berinovasi dalam model bisnis mereka. Pendidikan dan pelatihan yang efektif menjadi kunci dalam mempersiapkan wirausahawan untuk sukses di era digital. Faktor-faktor kunci yang mempengaruhi kesuksesan kewirausahaan digital meliputi adaptasi teknologi, strategi pemasaran digital, inovasi model bisnis, pengelolaan sumber daya manusia, serta pendidikan dan pelatihan. Kesuksesan dalam kewirausahaan digital sangat dipengaruhi oleh kemampuan adaptasi teknologi, strategi pemasaran digital, inovasi model bisnis, pengelolaan sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan, serta dukungan pemerintah Perubahan teknologi dan tren pasar memerlukan wirausahawan untuk terus berinovasi dan menyesuaikan bisnis mereka. Pendidikan dan pelatihan memainkan peran krusial dalam mempersiapkan wirausahawan digital untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat dan relevan untuk rekomendasi lebih lanjut dalam bidang kewirausahaan digital, menawarkan panduan praktis bagi wirausahawan dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk menghadapi dinamika pasar dan teknologi di masa depan.

Full Text:

PDF

References


Ayuni. (2021). Systematic Literature Review: Peran Digital Influencer Terhadap Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). Transformasi Digital sebagai Tantangan dan Peluang dalam Menciptakan Bisnis Startup yang Inovatif Deny Setyawan 1 , Sishadiyati 2 1,2. 9(November), 191–196.

Jaya, I., Jatiningrum, C., & Gumanti, M. (2023). Pelatihan Digital Enterpreneurship untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha bagi Generasi Muda pada SMK Miftahul Falah Sinar Mulya Kabupaten Pringsewu. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 89–95. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.1027

Kusuma, indra lila, Fitria, nur tira, & Dewi, maya widyana. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial Di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19. Budimas, 03(02), 315–321.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Nawangsasi, E., Mahendra, D., & Haryanti, S. S. (2022). Upskill Digital Entrepreneurship Sebagai Strategi Bertahan Usaha Mikro Wilayah Nusukan Banjarsari Paska Pandemik Covid-19”. Wasana Nyata, 6(2), 155–168. https://doi.org/10.36587/wasananyata.v6i2.1307

Ramli, A., & Nur Mahmudah, F. (2024). Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Digitalpreneurship Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Era Teknologi Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 285–293. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9386

Rosmiati, R., Trisnawati, W., Aryanti, P. T., & ... (2023). Transformasi Konsep Entrepreneurship Dalam Pendidikan Di Era Digital. … Tunas Pendidikan, 6(1), 294–304. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1231%0Ahttps://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/download/1231/850

Ruhmah, A. A., Eravia, D., & Aslina, N. (2024). Digital Halal Entrepreneurship: Memaksimalkan Potensi Bisnis Halal Di Indonesia. Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 4(1), 395–400.

Zaenal Asikin, M., & Fadilah, M. O. (2024). Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303–310. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i1.1023

Zahra, S., Risty Andini, Z., Putri, L. S., & Keling, M. (2024). Menggali Potensi Kewirausahaan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i6.592




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.842-848

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.