Filsafat Pendidikan Zaman Yunani Kuno dan Kejayaan Islam: Menelusuri Akar Pengetahuan
Abstract
Studi ini menyelidiki filosofi pendidikan dari dua era penting dalam sejarah: Yunani Kuno dan Zaman Keemasan Islam. Dengan memeriksa prinsip-prinsip dan praktik-praktik dasar pendidikan selama periode ini, penelitian ini menyoroti pengaruh yang bertahan lama dari para filsuf Yunani seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles, bersama dengan kontribusi para cendekiawan Islam seperti Al-Farabi, Ibnu Sina, dan Al-Ghazali. Analisis ini mengungkapkan bagaimana pendidikan Yunani Kuno menekankan pemikiran kritis, dialog, dan pencarian kebajikan, sementara Zaman Keemasan Islam mendorong sintesis pengetahuan, mengintegrasikan filosofi Yunani dengan ajaran Islam dan memajukan bidang seperti matematika, kedokteran, dan astronomi. Eksplorasi komparatif ini menyoroti keterkaitan pemikiran manusia dan pencarian pengetahuan yang sama di berbagai budaya dan zaman. Melalui penyelidikan ini, studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang akar historis dari filosofi pendidikan dan relevansinya terhadap praktik pendidikan kontemporer.
Full Text:
PDFReferences
Sitorus, Junida Fitriani. 2023. Sejarah Perkembangan Filsafat dan Ilmu Pengetahuan di Era Yunani dan Islam. Jil. 7 – No.2, tahun (2023), halaman 5624-5639.
Hamdi, Saibatul. 2021. Mengelaborasi Sejarah Filsafat Barat dan Sumbangsih Pemikiran Para Tokohnya. Jurnal Pemikiran Islam Vol. 1, No. 2, Juli-Desember 2021 BAror R.H. (2020). The History and Contrbution of Philosopy in Islam. Buletin AL-Turas, 26 No. 2
Al Farabi, Muhammad, et, al. 2023. An Examination of the Values of Islamic Education and Western Secular Education: A Comparative Analysis. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, Vol. 15, 2 (June 2023): 1789-1800
Subakti, T. (2019). Filsafat Islam. PANCAHAWANA: Jurnal Studi Islam, 14 No. 1.
Rizal Maulana, A. M. (2017). Filsafat Isalam; Sebuah Identifikasi Pandangan Hidup. Kalimah, 15 No. 1. https://doi.org/10.21111/klm.v1i15.834
Rayan. (2012). Islamic Philosophy Of Education. Internasional Journal Of Humanities and Social Science, 2 No. 2.
Rohaniawati. (2014). Kontribusi pemikiran Filsafat Islam dalam Ilmu Pendidikan. Uin Sunan Gunung Djati, 1.
Abror R. H. (2020). The History and Contribution of Philosophy in Islam. Buletin AL-Turas, 26 No. 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.813-818
Article Metrics
Abstract view : 1219 timesPDF - 1208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.