Pengaruh Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat
Abstract
Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan maksud menemukan jawaban terhadap suatu fenomena atau pertanyaan melalui aplikasi pengolahan data yaitu menggunakan software SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner, Observasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 23. Maka semua anggota pupulasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling melalui teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengujian secara parsial menunjukan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram barat kabupaten seram bagian barat. Hasil uji t mempunyai nilai signifikan yaitu 0,007<0,05 dengan nilai 3,020 > 2,068 sementara berdasarkan output uji F diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,007<0,05 dengan nilai 9,119> 4,325 sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas diterima berarti pengaruh X secara simultan terhadap Y atau dengan kata lain Motivasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan seram barat kabupaten seram bagian barat.
Full Text:
PDFReferences
Puspitawaty, S. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Front Office Yang Berdampak Pada Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 148-159.
Mulasari, H., & Suratman, B. (2021). Pengaruh motivasi dan kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di kantor kecamatan buduran kabupaten sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 198-210.
Lassa, A., & Tiza, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kefamenanu Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 6(1), 93-112.
Putri, H. R. F., & Endarti, E. W. (2022). Pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja ASN pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Tandes Kota Surabaya. JISP (Jurnal Inovasi Sektor Publik), 2(1), 29-43.
Porotu'o, A. C., Kairupan, B. H., & Wahongan, G. J. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Sikap Profesi Terhadap Kinerja Perawat Di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2).
Sudaryati, D., & Heriningsih, S. (2020). Pengaruh motivasi, budaya organisasi dan sistem informasi desa terhadap kinerja pemerintah desa. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 17(1).
Sari, Y. K. (2020). Pengaruh Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Kantor Balai Diklat Keuangan Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(1), 54-64.
Wau, A. (2022). Pengaruh motivasi kerja dan efektivitas kerja terhadap produktivitas kerja dengan kualitas kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 37-47.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.788-795
Article Metrics
Abstract view : 697 timesPDF - 403 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.