Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM UD. OYA Kota Gunungsitoli

Nismen Gustav Hendra Kurniawan Harefa, Yupiter Mendrofa, Eliagus Telaumbanua, Nanny Artatina Buulolo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran . pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan skala likert satu sampai lima. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen dari  produk UMKM UD OYA Kota Gunungsitoli dengan 90 responden. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dimana sampel yang dipilih sesuai ciri-ciri tertentu. Alat analisis penelitian menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran. Dengan tingginya orientasi kewirausahaan (Inovatov, Proaktif, Keberanian Mengambil risiko) dan inovasi produk (Perluasan produk, Peniruan Produk, Produk baru) yang dimiliki maka akan lebih mudah meningkatkan kinerja pemasaran UMKM pada UD. OYA Kota Gunungsitoli.


Full Text:

PDF

References


Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Damayanti, N. Y., Zainsyah, A. B., Nurfitria, L., Adisasmito, B., & Darliana, H. (2024). Digitalisasi Bisnis Kerajinan Lokal Khas Tasikmalaya Sebagai Upaya Pembangunan Kemandirian Industri Kreatif Serta Pemerataan Ekonomi Di Kawasan Priangan Timur. Jolastic, 2(1), 79–87.

Irawan, E. (2023). Literature Review : Literasi Digital , Literasi Ekonomi , Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN : EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.

Nurlita, A. A. (2016). Studi Literatur Pengaruh Hasil Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Keputusan Rencana Karier Peserta. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 5(3), 140–144.

Rahmi Oktavia, N., Uswatun Khasanah, & Cris Kuntadi. (2022). Literature Review Analisis Manfaat Insentif Pajak Selama Pandemi Covid-19 Pada Pelaku Umkm Di Wilayah Jaka Setia Galaxy Pada Tahun 2021. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 459–472. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.55

Sa’adah, L., Rahmawati, I., & Afiyah, S. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Economicus, 15(2), 190–200. http://ejournal.dewantara.ac.id/index.php/economicus/article/view/256

Sadrakh Zefanya Putra, Shasabila Titanie Harianto, & Yabes Christian Matondang. (2023). Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494

Saputra, F., Mahaputra, M. R., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terhadap Motivasi dan Minat Berwirausaha (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 42–53. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.10

Siswantoro, S. (2023). Penguatan Kompetensi Santri Melalui Pendidikan Kewirausahaan: Sebuah Literature Review. Jurnal Perspektif, 16(2), 187–198. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i2.123

Sukoco, H., Krisnaresanti, A., Nahdlatul, U., Purwokerto, U., Soedirman, U. J., Strategi, A., Sosial, M., & Digital, P. (2024). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ADAPTASI STRATEGI PEMASARAN UMKM SAAT PANDEMI COVID-19 : 3(1), 32–40.

Sulistyawati, E. (2023). Sumber Daya Manusia Usaha Kecil dan Menengah dan Perilaku Inovasi: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 2(1), 44–48. https://doi.org/10.58765/ekobil.v2i1.111

Wibowo, F. A., & Andriani, N. (2023). Business Strategy in Management Perspective: A Literature Review. Indonesian Journal of Economic & Management Sciences, 1(5), 713–722. https://doi.org/10.55927/ijems.v1i5.6436




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.760-766

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.