Pelayanan Publik Terhadap Mahasiswa Pada Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh: Gambaran Umum Universitas Terbuka, Indonesia
Abstract
Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan system pendidikan terbuka dan jarak jauh. Sejak terjadinya pandemic covid-19, system pembelajaran jarak jauh mulai dikenal luas oleh masyarakat dan banyak perguruan tinggi mulai menerapkannya. Oleh karena itu, meskipun pandemi menjadi peluang bagi Universitas Terbuka, namun sekaligus menimbulkan tantangan persaingan/ sehingga Universitas Terbuka peril merancang kebijakan untuk menjaga kualitas agar tetap menjadi Perguruan Tinggi dengan system belajar jarak jauh nomor satu di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan tantangan Universitas Terbuka dalam memberikan layanan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui dokumen dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Universitas Terbuka perlu meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa berdasarkan program studi, tidak hanya terpusat (bagian layanan keluhan pusat). Sebab dengan adanya sentralisasi, mahasiswa mengaku membutuhkan waktu respon yang lebih lama dalam penyelesaian permasalahan perkuliahan.
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, H.Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press
Belawati, Tian., dkk. 2021. Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Ciobanu, Alina. 2013. The Role of Student Services in the Improving of Student Experience in Higher Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences. DOI: 10.1016/j.sbspro.2013.08.654
Ghosh, Saima, et.al. 2012. Open And Distance Learning (ODL) Education System: Past, Present And Future-A Systematic Study Of An Alternative Education System. Journal of Global Research in Computer Science. Volume 3, No.4. https://www.rroij.com/open-access/pdfdownload.php?aid=37703
Herman., Puspitasari, Kristanti., dan Padmo, Dewi. 2015. The Importance of Student Support Service and Students’ Satisfaction at Universitas Terbuka. ASEAN Journal of Open Distance Learning, Vol.7, No.1, 17-29.
Johnson, Chithira., et.al. (2022). Student Support IN Higher Education: Campus Service Utilization, Impact, and Challenges. Heliyon, Volume 8, Issue 12, Page.1-13, https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2405844022038476
Jung, I. (2019). Introduction to Theories of Open and Distance Education. In: Jung, I. (eds) Open and Distance Education Theory Revisited. SpringerBriefs in Education(). Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7740-2_1
Marthalina. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Dan Kepuasan Mahasiswa Di IPDN Kampus Jakarta. Jurnal MSDM, Vol.5, No.1, Page:1-18
Miles, Huberman & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. America: Sage Publications
Nazarian, Rahele., Mahani, Mayram Saber., Beheshtifar, Malikeh. 2012. Role of Service Quality in Universities. Innova Ciencia, Vol 4, No.6, Jun
Pandiangan, Paken., et.al. (2023). Katalog Sistem Penyelenggaraan Universitas Terbuka 2023/2024. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Parasuraman, A. Zeithml, V.A. and Berry, L.L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research, Journal of Marketing, 49. 41-50
Scordoulis, M., Sparanglis, P., Stampolis, O., Mougkolia, I., Papageorgiou, A., Chondreli, C. 2015. A Framework for Quality in Education: Applying Quality Function Deployment a Higher Educational Institute. International Scientific Conference”e-RA-10”.
Scott, S.V. (2006). The Academic as Service Provider: is the customer ‘always right?, Journal of Higher Education Policy and Management, 21:2, 193-202, DOI: 10.1080/1360080990210206
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.609-614
Article Metrics
Abstract view : 1393 timesPDF - 196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.