Analisis Inovasi Layanan Digital Dan Customer Relationship Management Untuk Meningkatkan Kesetiaan Konsumen Pada PT. Kencana Mulia Abadi

Andreas Laowo, Yuterlin Zalukhu, Nov Elhan Gea, Yupiter Mendrofa

Abstract


Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu bentuk manajemen spesifik membahas teori tentang pengelolaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan dimata pelanggan. Melalui implementasi Customer Relationship Management (CRM) yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat loyalitas dan meningkatkan pendapatan dari pelanggan. analisis ini terfokus pada inovasi layanan digital teknologi informasi dan Customer Relationship Management (CRM) terhadap kesetiaan konsumen akan mengeksplorasi dampak dari teknologi dan strategi manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas konsumen dalam konteks perusahaan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi layanan digital dan customer relationship management untuk meningkatkan kesetiaan konsumen pada PT. Kencana Mulia Abadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumplan data dengan menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi layanan digital memungkinkan PT. Kencana Mulia Abadi untuk memberikan kemudahan akses, pengalaman pengguna yang lebih baik, dan personalisasi kepada konsumen. Dengan adanya platform online, konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi dan mendapatkan informasi produk terbaru. CRM memainkan peran penting dalam mengelola hubungan dengan pelanggan


Full Text:

PDF

References


Abbas, Z., Gull Khan, A., Smaliukienė, R., Zámečník, R., Hussain, K., & Mubarik, S. (2022). Green HRM pursuit of social sustainability in the hotels: AMO theoretical perspective. Quality - Access to Success, 23(190), 41–50. https://doi.org/10.47750/QAS/23.190.05

Abbas, Z., Sarwar, S., Rehman, M. A., Zámečník, R., & Shoaib, M. (2022). Green HRM promotes higher education sustainability: a mediated-moderated analysis. International Journal of Manpower, 43(3), 827–843. https://doi.org/10.1108/IJM-04-2020-0171

Abdurachman, D., Ramdhan, R. M., Karsoma, A., Winarno, A., & Hermana, D. (2023). Integrating Leadership in Job Demand Resources (JD-R) for Personal Performance in Military Institution. Sustainability (Switzerland), 15(5), 1–13. https://doi.org/10.3390/su15054004

Cahyadi, A., Natalisa, D., Poór, J., Perizade, B., & Szabó, K. (2023). Predicting the Relationship between Green Transformational Leadership, Green Human Resource Management Practices, and Employees’ Green Behavior. Administrative Sciences, 13(1). https://doi.org/10.3390/admsci13010005

Faezah, J. N., Yusliza, M. Y., Azlina, Y. N., Saputra, J., & Wan Zulkifli, W. K. (2022). Developing a Conceptual Model to Implement the Employee Ecological Behavior in Organisations. Journal of Environmental Management and Tourism, 13(3), 746–755. https://doi.org/10.14505/jemt.v13.3(59).14

Farooq, K., Yusliza, M. Y., Muhammad, Z., & Mat, N. H. N. (2022). Make it their Decisions, not your Directives: Exploring Required Green Competencies for Employee Ecological Behaviour. Organizacija, 55(2), 128–141. https://doi.org/10.2478/orga-2022-0009

Li, W., Abdalla, A. A., Mohammad, T., Khassawneh, O., & Parveen, M. (2023). Towards Examining the Link Between Green HRM Practices and Employee Green in-Role Behavior: Spiritual Leadership as a Moderator. Psychology Research and Behavior Management, 16(January), 383–396. https://doi.org/10.2147/PRBM.S396114

Suliman, M. A., Abdou, A. H., Ibrahim, M. F., Al-Khaldy, D. A. W., Anas, A. M., Alrefae, W. M. M., & Salama, W. (2023). Impact of Green Transformational Leadership on Employees’ Environmental Performance in the Hotel Industry Context: Does Green Work Engagement Matter? Sustainability, 15(3), 2690. https://doi.org/10.3390/su15032690

Uddin, M. A., Akter, R., Al-Amin, M., Rahman, M. S., & Ferdausy, S. (2020). How Do Socially Responsible Human Resource Management and Voluntary Green Behavior Influence Organizational Competitiveness? In Studies in Business and Economics (Vol. 15, Issue 2, pp. 243–255). https://doi.org/10.2478/sbe-2020-0038

Waqas, M., Yahya, F., Ahmed, A., Rasool, Y., & Hongbo, L. (2021). Unlocking Employee’s Green Behavior in Fertilizer Industry: The Role of Green HRM Practices and Psychological Ownership. International Food and Agribusiness Management Review, 24(5), 827–843. https://doi.org/10.22434/IFAMR2020.0109

Yue, G., Wei, H., Khan, N. U., Saufi, R. A., Yaziz, M. F. A., & Bazkiaei, H. A. (2023). Does the Environmental Management System Predict TBL Performance of Manufacturers? The Role of Green HRM Practices and OCBE as Serial Mediators. Sustainability (Switzerland), 15(3). https://doi.org/10.3390/su15032436




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.724-728

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.