Analisis Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli

Cindy Martalenta Waruwu, Yupiter Mendrofa, Maria Magdalena Batee, Eduar Baene

Abstract


CV. Abadi Sukses Motor merupakan pedagang besar yang menjual berbagai macam produk suku cadang motor di kota Gunungsitoli mulai dari spare part motor honda dan yamaha. CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli berlokasi di Jl. Diponegoro No. 222 Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah saluran distribusi berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan pada CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli dan untuk mengetahui saluran distribusi yang digunakan CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli dalam memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian gabungan/campuran (mixed methods), dimana bobot penelitian akan diutamakan pada penelitian kuantitatif sedangkan untuk penelitian kualitatif hanya menjawab permasalahan yang tidak terjawab pada penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi dengan datang langsung ke tempat penelitian, selanjutnya menyebarkan angket/kuesioner kepada responden untuk mendapatkan informasi tentang objek yang diteliti, kemudian akan diolah menggunakan bantuan SPSS verison 27. Setelah hasil analisis kuantitatif keluar maka selanjutnya peneliti melakukan wawancara kepada informan untuk mendapatkan informasi tentang saluran distribusi yang digunakan CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli dalam memasarkan produknya. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti mengelompokkan dan mencatat data yang telah diperoleh. Kemudian melakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa saluran distribusi dan volume penjualan pada CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,867, pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan di CV. Abadi Sukses Motor sebesar 0,752 atau 75,2% dan sisanya sebesar 24,8 dijalankan oleh faktor lain di luar dari penelitian ini dan dari hasil uji hipotesis atau uji t membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan pada CV. Abadi Sukses Motor Kota Gunungsitoli serta saluran distribusi yang digunakan oleh CV. Abadi Sukses Motor dalam memasarkan produknya adalah saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Aditya Nirwana, Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Afrillia, W., Fauzi, A., Rambe, D., Anggraeni, T., Ambarwati, N. R., & Febrian, H. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bsinis, 1(3), 212–218. http://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/view/90%0Ahttps://jurnalprisanicendekia.com/index.php/portofolio/article/download/90/106

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Edithia, T., Puspa, T., Devina, Y., Citra, D., & Yuli, F. (2020). An Analysis of Marketing Mix Elements that Affect Public and Private Hospital: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(3), 118–125. https://doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3593

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Hafni, S. (2021). Priypwibowo. 1(1), 118–126. Sahir, Syafrida Hafni. %22Metodologi penelitian.%22 (2021).

Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18

Mustaqim, I., & Fauzi, A. (2022). Literature Review: Analisis Pengaruh Perencanaan Sdm, Pendidikan, Dan Pelatihan Sdm Terhadap Performa Karyawan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 43–48. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.327

Nurlina, F., & Sasari, U. (2022). Marketing Mix, Implementation of Marketing Strategies in Health Services: Literature Review. Healthcare Nursing Journal, 4(1), 260–264. https://doi.org/10.35568/healthcare.v4i1.1871

Nurliyanti, N., Anestesia Arnis Susanti, & Baruna Hadibrata. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(2), 224–232. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2.982

Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463

Sukmaningrum, D., & Nurcahyo, N. (2023). Praktek Pemasaran Bisnis Perusahaan Komersial: Tinjauan Literatur. Journal of Creative Industry, 1(1), 72–83.

Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977

W, R. A., H, G. Y., & Aziz, R. (2021). Pertumbuhan Pasar : Pemimpin , Pesaing , Pengikut , Nicher ( Suatu Literature Review ). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 4, Maret 2021, 2(4), 418–441.

Wibowo, T., Asir, M., Anwar, M., Herdiyanti, & Elyzabeth. (2022). Product Pricing Strategy On Consumer Purchasing Power: A Literature Study. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2987–2996. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.

Yuliana, Y., & Ardansyah, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Minuman Kedai Kopi Square di Kota Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 309–320. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.265

Yusri, A. Z. dan D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LANGEN KUSUMA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Zuliarni, S., Kartikasari, D., Hendrawan, B., & Windrayati Siregar, S. S. (2023). The impact of buying intention of global fashion on local substitute: The role of product design and price. Heliyon, 9(11), e22160. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22160




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.722-727

Article Metrics

Abstract view : 908 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.