Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Mini Market Yuki Mart Kota Gunungsitoli

Arief Buala Zebua, Yupiter Mendrofa, Emanuel Zebua, Martha Surya Dinata Mendrofa

Abstract


Mini market dalam dunia perdagangan saat ini adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan ruang yang tidak terlalu luas. Mini market bukan lagi merupakan hal asing bagi masyarakat umum, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Yuki Mart merupakan mini market yang beralamat di Jl. Sudirman No.79 desa Afilaza Kota Gunungsitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi marketing mix terhadap loyalitas konsumen pada Yuki Mart Kota Gunungsitoli dan untuk mengetahui strategi marketing mix apa saja yang dilakukan oleh Yuki Mart dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian gabungan/campuran (mixed methods). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian kuantiatif, peneliti akan menyebarkan angket kepada 35 responden (konsumen) di Yuki Mart, pengolahan data menggunaan bantuan SPSS version  27. Setelah penelitian kuantitatif selesai maka, peneliti akan melakukan wawancara kepada 2 orang informan. Kemudian, data yang telah diperoleh dari informan akan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa hubungan antara marketing mix dan loyalitas konsumen pada mini market Yuki Mart Kota Gunungsitoli mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,866. Dari hasil uji koefisien determinasi, diperoleh bahwa pengaruh marketing mix terhadap loyalitas konsumen sebesar 75,1% dan sisanya sebesar 24,9 dijalankan oleh faktor lain diluar dari penelitian ini serta dari hasil uji hipotesis atau uji t membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat pengaruh marketing mix terhadap loyalitas konsumen pada Yuki Mart Kota Gunungsitoli.


Full Text:

PDF

References


Alsharif, A. H., Salleh, N. Z. M., Abdullah, M., Khraiwish, A., & Ashaari, A. (2023). Neuromarketing Tools Used in the Marketing Mix: A Systematic Literature and Future Research Agenda. SAGE Open, 13(1), 1–23. https://doi.org/10.1177/21582440231156563

Boccia, F., & Tohidi, A. (2024). Analysis of green word-of-mouth advertising behavior of organic food consumers. Appetite, 198(March), 107324. https://doi.org/10.1016/j.appet.2024.107324

Farid, M. S., Cavicchi, A., Rahman, M. M., Barua, S., Ethen, D. Z., Happy, F. A., Rasheduzzaman, M., Sharma, D., & Alam, M. J. (2023). Assessment of marketing mix associated with consumer’s purchase intention of dairy products in Bangladesh: Application of an extended theory of planned behavior. Heliyon, 9(6), e16657. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16657

Fedorenko, I., Berthon, P., & Edelman, L. (2023). Top secret: Integrating 20 years of research on secrecy. Technovation, 123(January), 102691. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2023.102691

Ismamudi, I., Hartati, N., & Sakum, S. (2023). Peran Bank dan Lembaga Keuangan dalam Pengembangan Ekonomi: Tinjauan Literatur. Jurnal Akuntansi Neraca, 1(2), 35–44. https://doi.org/10.59837/jan.v1i2.10

Kocaman, B., Gelper, S., & Langerak, F. (2023). Till the cloud do us part: Technological disruption and brand retention in the enterprise software industry. International Journal of Research in Marketing, 40(2), 316–341. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2022.11.001

Krishnan, T. V., Feng, S., & Jain, D. C. (2023). Peak sales time prediction in new product sales: Can a product manager rely on it? Journal of Business Research, 165(June 2021), 114054. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.114054

Mostaghel, R., Oghazi, P., & Lisboa, A. (2023). The transformative impact of the circular economy on marketing theory. Technological Forecasting and Social Change, 195(June 2022), 122780. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122780

Murdiono, J., Mareta, S., Maulina, E., & Turki, E. G. (2023). Literature Review : Dampak Keuangan Perusahaan Implementasi dan Arus Kas yang Transparan. 1(2), 77–86.

Tiganis, A., Grigoroudis, E., & Chrysochou, P. (2023). Customer satisfaction in short food supply chains: A multiple criteria decision analysis approach. Food Quality and Preference, 104(June 2022), 104750. https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2022.104750

Vendrell-Herrero, F., Para-González, L., Mascaraque-Ramírez, C., & Freixanet, J. (2024). The order of the factors matters: How digital transformation and servitization integrate more efficiently. International Journal of Production Economics, 271(March). https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2024.109228

Zuliarni, S., Kartikasari, D., Hendrawan, B., & Windrayati Siregar, S. S. (2023). The impact of buying intention of global fashion on local substitute: The role of product design and price. Heliyon, 9(11), e22160. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e22160




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.728-735

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.