PENETRASI DIGITAL UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: KEBERHASILAN PELAYANAN E-GOVERNMENT KOTA YOGYAKARTA

Alfi Novriando, Eko Priyo Purnomo

Abstract


Adopsi dari teknologi dalam berbagai sisi kehidupan, termasuk pemerintahan, menimbulkan pertanyaan tersendiri bagaimana konsep tersebut dapat diimplementasikan secara riil dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini dilakukan untuk melihat keadaan penerapan E-Government sebagai produk dari kemajuan teknologi di bidang pemerintahan dalam praktik kehidupan bermasyarakat. Dalam penelitian ini, akan disajikan mengenai keberhasilan dari penerapan E-Government di Kota Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif yang berdasarkan metode deksriptif dengan menelusuri fakta-fakta empirik dalam topik pembahasan yang sedang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan E-Government di Kota Yogyakarta telah berhasil sesuai dengan prinsip ketersediaan dan aksesibilitas yang ditunjukkan dengan tingkat penggunaan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang tinggi di masyarakat. Meski demikian, pemerintah perlu untuk mengadakan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakt tentang pelayanan yang diberikan dalam bingkai E-Government. Selain itu, layanan dalam E-Government juga perlu mendapatkan pendampingan untuk terus berkembang dan disesuaikan dengan kondisi mutakhir yang ada dalam masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, I. N. T., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2019). “ Transforming Governance ” di Kota Yogyakarta. International Journal of Demos, 1(3), 290–306.

Akhmadi, M. H. (2017). Determinan Keberhasilan E-Filing Pajak Di Indonesia : Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tamansari Dua. Jurnal Pajak Indonesia, 1(1), 1–8.

Anjarini, A. K., & Dwimawanti, I. H. (2018). No Title. Journal of Public Policy and Management Review, 7(4), 62–75. https://doi.org/10.14710/jppmr.v7i4.21732

Caragliu, A., del Bo, C., & Nijkamp, P. (2011). Smart cities in Europe. Journal of Urban Technology, 18(2), 65–82. https://doi.org/10.1080/10630732.2011.601117

Cordella, A., & Hesse, J. (2015). E-government in the making: An actor network perspective. Transforming Government: People, Process and Policy, 9(1), 104–125. https://doi.org/10.1108/TG-02-2014-0006

Darwin, M. (2014). the Government of Yogyakarta City. Journal of Government and Politics Vol.5 No.1 February 2014, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18196/jgp.2014.0004

Fauzi, E. A., & Setiawan, A. (2020). Accountability Jogya Smart Service Application in Public Sector Services in Yogyakarta 2019. SSRN Electronic Journal, August, 28–30. https://doi.org/10.2139/ssrn.3528951

Gumilar, M. G. (2019). INOVASI PEMERINTAH DAERAH JOGJA SMART SERVICE DALAM MENCIPTAKAN SMART AND LIVEABLE CITY DI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Gama Societa, 3(1), 19–27.

Handayaningsih, S., & Nugroho, H. (2013). MODEL SISTEM M-GOVERNMENT ( Studi Kasus : Pemerintah Kota Yogyakarta ). Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 7(2), 811–825. https://doi.org/10.26555/jifo.v7i2.a2767

Holle, E. S. (2011). Pelayanan Publik Melalui Electronic Government Upaya Meminimalisir Praktek Maladministrasi Dalam Meningkatan Public Service Oleh : Erick S. Holle. Sasi, 17(3), 21–30.

Maulidian, R., Yusuf, S., Mutiarsih, H., Prodi, S., Bisnis, M., & Ekonomi, F. (2018). Penerapan E-Government Dalam Membangun Smart City Pada Kota Bandung Tahun 2018 E- Government Implementation in Building Smart City in Bandung 2018. 5(3), 3126–3130.

Napitupulu, D. (2015). Kajian Faktor Sukses Implementasi E-Government. Jurnal Sistem Informasi, 5(3), 229–236. https://doi.org/https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.009

Priyo Purnomo, E., Wulandari, W., & Suranto. (2019). Collaborative Government dalam Mewujudkan Inovasi Pelayanan. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 13–28. https://doi.org/10.24905/jip.4.1.2019.13-28

Rachmawati, R., Ramadhan, E. R., & Rohmah, A. ‘Ainur. (2018). Aplikasi Smart Province “Jogja Istimewa”: Penyediaan Informasi Terintegrasi dan Pemanfaatannya. Majalah Geografi Indonesia, 32(1), 14. https://doi.org/10.22146/mgi.31662

Roro, R., Kurnia, A., Pribadi, U., & Iqbal, M. (2018). Factors that Influence E-Government Utilizing Towards E-Report Application ( Case Study : Comparasion between Lapor Sleman and Jogja Smart Service ( JSS ) In 2018 ).

Sachs, J. D. (2016). The Age of Sustainable Development. The Age of Sustainable Development, January, 2–5. https://doi.org/10.7312/sach17314

Sah, S., & Suhartono. (2018). KESIAPAN DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI SMART CITY DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen, 5(1), 32–42.

Sari, K. D. A., & Winarno, W. A. (2012). Implementasi E-Goverment System Dalam Upaya Peningkatan Clean And Good Goverment Di Indonesia. Jeam, XI(1), 1–19.

Siddiquee, N. A. (2016). E-government and transformation of service delivery in developing countries: The Bangladesh experience and lessons. Transforming Government: People, Process and Policy, 10(3), 368–390. https://doi.org/10.1108/TG-09-2015-0039

Pemerintahan Dan Politik Daerah, 4(1), 13–28. https://doi.org/10.24905/jip.4.1.2019.13-28

Rachmawati, R., Ramadhan, E. R., & Rohmah, A. ‘Ainur. (2018). Aplikasi Smart Province “Jogja Istimewa”: Penyediaan Informasi Terintegrasi dan Pemanfaatannya. Majalah Geografi Indonesia, 32(1), 14. https://doi.org/10.22146/mgi.31662

Roro, R., Kurnia, A., Pribadi, U., & Iqbal, M. (2018). Factors that Influence E-Government Utilizing Towards E-Report Application ( Case Study : Comparasion between Lapor Sleman and Jogja Smart Service ( JSS ) In 2018 ).

Sachs, J. D. (2016). The Age of Sustainable Development. The Age of Sustainable Development, January, 2–5. https://doi.org/10.7312/sach17314

Sah, S., & Suhartono. (2018). KESIAPAN DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI SMART CITY DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Riset Manajemen, 5(1), 32–42.

Sari, K. D. A., & Winarno, W. A. (2012). Implementasi E-Goverment System Dalam Upaya Peningkatan Clean And Good Goverment Di Indonesia. Jeam, XI(1), 1–19.

Siddiquee, N. A. (2016). E-government and transformation of service delivery in developing countries: The Bangladesh experience and lessons. Transforming Government: People, Process and Policy, 10(3), 368–390. https://doi.org/10.1108/TG-09-2015-0039




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.97-108

Article Metrics

Abstract view : 1401 times
PDF - 447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.