Analisis Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023/2024

Moh Atidun, Rakhinda Dwi Arta Qairi

Abstract


PKH (Program Keluarga Harapan) di Kecamatan Menthobi Raya telah diimplementasikan lebih dari lima tahun namun penurunan angka kemiskinan belum signifikan. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau termasuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi serta menganalisis faktor-faktor yang dapat menghambat keberhasilan implementasi dan untuk memberikan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam proses implementasi program tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang akan dideskripsikan melalui kata-kata dan kalimat yang rinci dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penelaahan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi PKH di Kecamatan Menthobi Raya Kabupaten Lamandau sudah terlaksana dengan baik namun belum optimal. Faktor faktor yang mempengaruhi implementasi yaitu faktor komunikasi, faktor sumber daya, faktor struktur birokrasi. Adapun faktor penghambat implementasi antara lain faktor komunikasi yang belum tersampaikan secara jelas, faktor sumber daya yang terlihat dari kurangnya tenaga sumber daya manusia serta sumber daya peralatan penunjang  pelaksanaan pekerjaan, faktor struktur birokrasi yang terlihat dari belum optimalnya pelaksanaan koordinasi antar pelaksana terutama antar perangkat daerah yang terlibat dalam PKH


Full Text:

PDF

References


Alfisyah, Ellyn Normelani, Deasy Arisanty (2016). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KELURAHAN KELAYAN TIMUR KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN. Pendidikan Geografi, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Desika Dwidianti, Yulvia Chrisdiana (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Sandikta Volume IX No. 14 ISSN 2337-9979.

Farida Hanum, Nina Sa’idah Fitriyah, Rifatul Husna (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA JANGKAR KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Ilmiah Vol 17 No 2.

Kementrian Sosial Repuplik Indonesia. (2021) PEDOMAN PELAKSANAAN KELUARGA HARAPAN TAHUN 2021. Jakarta, Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Kementrian Sosial Republik Indonesia. (2024) PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN. Jakarta, DIREKTUR JENDRAL PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIALRani Ananda Pratama 1, Mani Festati Broto 1, Razaki Persada (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN BUNGURAN TIMUR KABUPATEN NATUNA. Jurnal Ilmiah Indonesia p–ISSN: 2541-0849. Vol. 7, No. 6.

Tety Thalib, Andi Yusuf Katili (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA PONGONGAILA KECAMATAN PULUBALA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. Volume VII Nomor 1.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 mengatur tentang pelaksanaan Program Keluarga Harapan.

Undang-undang No 11 Pasal 1 ayat (9) tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.

Uswatun Chasanah, Tharisma Novitasari, Aisya Safira Nabila dan Kalvin Edo Wahyudi (2021). IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA PADA ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi: p–ISSN: 2723 - 6609. Vol. 2, No. 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.647-653

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.