Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Akses Korban Kriminal Terhadap Layanan Hukum Dan Dukungan Psikologis

Muhammad Anggi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah memiliki dampak yang besar dalam bidang pelayanan hukum dan dukungan psikologis untuk korban kejahatan. Di zaman digital ini, teknologi menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan yang diberikan kepada mereka yang terdampak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi berperan dalam meningkatkan akses korban kejahatan terhadap layanan hukum dan dukungan psikologis. Pendekatan kualitatif digunakan dalam studi ini, dengan meninjau literatur, menganalisis studi kasus, dan inisiatif teknologi yang telah diterapkan dalam konteks layanan hukum dan dukungan psikologis bagi korban kejahatan. Data-data ini kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi bagaimana teknologi meningkatkan aksesibilitas, efektivitas, dan efisiensi layanan yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi memainkan peran penting dalam memberikan akses yang lebih mudah dan cepat bagi korban kejahatan untuk mendapatkan layanan hukum dan dukungan psikologis. Dengan adopsi teknologi seperti platform daring, aplikasi seluler, dan konseling online, korban kejahatan dapat mengakses informasi, layanan, dan dukungan kapan pun diperlukan. Namun, tantangan terkait privasi, keamanan data, dan aksesibilitas teknologi perlu diatasi dengan efektif agar manfaat teknologi dapat dirasakan secara merata oleh semua korban kejahatan, termasuk mereka yang berada dalam kelompok rentan atau memiliki keterbatasan akses teknologi.

Kata kunci : Hukum,Korban,Peran,Teknologi


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28D ayat 1

Bambang Waluyo, (2011). Viktimologi Perlindungan Korban Saksi, Sinar Grafika, Jakarta, hlm.18

Baron, Robert & Branscombe, Nyla,(2015) Psikologi Sosial Jilid 1 Edisi 13. Jakarta

Indrajit, Richardus E. (2004). EGovernment Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi . Yogyakarta

Josua Sitompul,(2012). Cyberspace, cybercrime, cyberlaw, Tinjauan Hukum Pidana, PT. Tatanusa, Jakarta,hlm. 38

Katon Mahendra, G., & Pribadi, U. (2014). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis EGovernment. Journal of Governance and Public Policy

Lilik Mulyadi, (2007). Kompilasi Hukum Pidana Dalam Perspektif Teoritik Dan Praktik Peradilan Perlindungan Korban Kejahatan, Sistem Peradilan Dan Kebijakan Pidana, Filsafat Pemidanaan Serta Upaya Hukum Peninjauan Kembali Oleh Korban Kejahatan, Penerbit CV. Mandar Maju, Bandung, , hlm. 12

Manshur, Dikdik M. Arief dan Elisatris Gultom (2007). Urgensi Perlindungan Korban Kejahatan: Antara Norma dan Realita. Jakarta: Penerbit PT Rajagrafindo Persada. hlm. 23.

Van Boven, Theo. (2002). Mereka yang Menjadi Korban: Hak Korban atas Restitusi, Kompensasi, dan Rehabilitasi. Jakarta: Penerbit Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat. hlm.9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.525-530

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.