STATISTIK DAN PENGUKURAN KEMISKINAN DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Ibnussalam Harahap

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  : 1. Untuk mengetahui teknik mengukur kemiskinan masyarakat desa di Kabupaten Tapanuli Selatan, 2. Untuk mengetahui gambaran tingkat kemiskinan masyarakat desa yang terdapat di Kabupaten Tapanuli Selatan, 3. Untuk mengetahui teknik mengukur tingkat ketimpangan dan sebaran kemiskinan masyarakat desa di Kabupaten Tapanuli Selatan,  4. Untuk mengetahui tingkat ketimpangan dan sebaran kemiskinan masyarakat desa di Kabupaten Tapanuli Selatan ?

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ada dua yakni (1) desain cross-sectional dan desain kausal. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan jumlah sampel penelitian sebanyak 510 orang dari kepala keluarga penerima beras miskin. Selanjutnya teknik analisa data yang digunakan adalah (1) uji mean (2) uji Poverty Gap Index, (3) uji  Distributionally Sensitive Index.

Hasil penelitian ternyata rata-rata tingkat pendapatan masyarakat miskin di desa sebesar Rp.1.593.575/bulan. Tingkat pengeluaran sebesar Rp. 242.575/kapita/bulan. Tingkat kemiskinan bagi masyarakat desa di Kabupaten Tapanuli Selatan termasuk dalam kategori miskin. Tingkat ketimpangan dan sebaran kemiskinan bagi masyarakat desa di Kabupaten Tapanuli Selatan termasuk rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Poverty Gap Index sebesar 1,267 dan rata-rata nilai Distributionally Sensitive Index sebesar 0,236




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v1i1.2016.%25p

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.