MANAJEMEN OBJEK WISATA AEK SIJORNI DESA AEK LIBUNG KECAMATAN SAYURMATINGGI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Soritua Ritonga

Abstract


Manajemen ataupun pengelolaan lingkungan merupakan upaya terpadu dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pengendalian, pemulihan dan pengembangan lingkungan hidup. Pariwisata merupakan lahan bisnis yang masih relatif baru dikenal. Dalam pengembangannya dibutuhkan suatu perencanaan layaknya pengembangan dan hal-hal lainnya. Perencanaan pengelolaan pariwisata terintegrasi untuk dipertimbangkan, disertai konsentrasi yang cukup pada pendekatan secara komprehensif untuk jangka panjang, merupakan sesuatu yang penting. Hal ini dimaksud agar bisa tercapai pengembangan pariwisata dalam pengelolaannya yang berkelanjutan dengan serasi dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui optimalisasi manajemen objek wisata Aek Sijorni dan kendala yang dihadapi dalam manajemen objek wisata Aek Sijorni Desa Aek Libung Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan terhadap masyarakat. Dari segi akademik diharapkan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pemerintahan dan komunitas objek wisata.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan meggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini terdapat beberapa pertimbangan untuk menentukan sumber informasi, adalah orang-orang yang benar-benar menguasai masalah yang diteliti, maka informasi tersebut dijadikan bahan analisis. Metode ini digunakan untuk memecahkan, menjawab dan menggambarkan manfaat yang didapatkan mengenai Optimalisasi Manajemen Objek Wisata Aek Sijorni Desa Aek Libung Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden secara langsung. Kemudian diolah menjadi penjabaran-penjabaran berupa hasil penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, Optimalisasi Manajemen Objek Wisata Aek Sijorni Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan belum optimal, terlihat dari upaya yang dilakukan Pemerintah belum sesuai dengan harapan masyarakat. Sehingga pengembangan objek wisata Aek Sijorni menjadi kurang bagus dan kurang menarik. Sementara kendala yang dihadapi dalam Optimalisasi Manajemen Objek Wisata Aek Sijorni adalah masalah kepemilikan lahan oleh masyarakat sehingga wisatawan diharuskan mengeluarkan biaya lebih jika ingin menikmati keindahan objek wisata ini ditambah lagi kurangnya pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam pengembangan Objek Wisata Aek Sijorni ini.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v1i1.2016.%25p

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.