Representasi Emotional Branding Dengan Pendekatan Isu Sosial Dan Makna Produk Pada Iklan Pertamina Versi “Mereka Bilang Saya Gila” Di Instagram

Fitri Azaly Rahmawati, Rohmiati Soenaryo, Wiwien Wirasati

Abstract


PT Pertamina (Persero) adalah sebuah BUMN yang bertugas mengelola penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia. PT Pertamina (Persero) yang melakukan kegiatan usaha migas pada Sektor Hulu  hingga Sektor Hilir. Peran Pertamina semakin strategis setelah Pemerintah melalui Undang Undang  Nomor 8 tahun 1971 menunjuk perusahaan untuk menghasilkan dan mengolah migas dari ladang-ladang minyak serta menyediakan kebutuhan bahan bakar dan gas di Indonesia.Pertamina ingin menyampaikan bahwa mereka bukan hanya sekedar perusahaan BUMN yang menjual produk bahan bakar namun mereka merupakan perusahaan yang sangat peduli dengan sektor sosial khususnya lingkungan dan masyarakat. Iklan Pertamina versi “Mereka Bilang Saya Gila” menggunakan emotional branding dengan pendekatan isu sosial yaitu mengangkat tema pemulihan hutan mangrove yang secara tidak langsung ikut serta membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin Mendeskripsikan/menggambarkan lebih dalam representasi dan makna produk dalam iklan Pertamina versi “Mereka Bilang Saya Gila” di Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika, pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan observasi terhadap iklan mengenai makna yang terkandung didalam iklan  dan wawancara mendalam dengan key informan dan informan.Iklan Pertamina versi “Mereka Bilang Saya Gila” menggunakan emotional branding dengan pendekatan isu sosial berupa kerusakan lingkungan.

 

Kata Kunci: Representasi, Emotional Branding, Isu Sosial.

 


Full Text:

PDF

References


Wenats, A. G. (2012). Integrated Marketing Communications: Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Nawiroh, V. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Devi, S., & Sharma, R. (2015). Emotional Branding: Connecting Customer Via Heart. Department Of Commerce. Delhi School Of Economics, Delhi University

Mirza, & febrina. (2016). Hubungan Antara Emotional Branding Dengan Loyalitas Merek Pada Konsumen. Jurnal Psikologi Integratif

Pamungkas., Rachmayanti (2017). Penerapan Emotional Branding pada Iklan TVC Aqua Versi “it’s in me”, E Proceeding of Management, Vol.4, No.1, April 2017, ISSN 2355 - 9357

Zubaedah, M. T. (2021). Pesan Lingkungan Dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Isu Lingkungan Pada Film Avatar 2009 Dan Aquaman 2018). Skripsi. Universitas Islam Indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram. yang diakses tanggal 13 April 2022, pukul 15.34 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pertamina. Yang diakses tanggal 13 April 2022, pukul 16.25 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.165-172

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.