PENERAPAN PROGRAM PELATIHAN KERJA BERBASIS KOMPETENSI KEJURUAN PASTRY UNTUK MENUNJANG PRODUKTIVITAS MASYARAKAT GEDANGAN

Heru Irianto, Bagus Ananda Kurniawan, Samuel Indrayana, Bagus Wahyu Rakhmadi

Abstract


Di banyak negara, terjadi ketimpangan antara keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja dengan tuntutan pasar kerja. Perubahan teknologi dan pergeseran ekonomi telah mengakibatkan permintaan akan keterampilan yang berbeda-beda. Banyak pekerja yang tidak memiliki keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang tersedia, sememtara pekerjaan yang membutuhkan keterampilan tertentu sulit untuk diisi. Hal ini menimbulkan kesenjangan yang perlu diatasi melalui pelatihan kerja yang efektif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan Metode penelitian yang berlandasakan pada filsafat postpositivisme yang sering disebut sebagai paradigma interpretif dan konstruktif, yang memandang realitas sosial.penelitian deskriptif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau pengubahan variabel yang diteliti. Melainkan menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Satu-satunya perlakuan yang diberikan adalah penelitian itu sendiri, yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penerapan program pelatihan kerja berbasis kompetensi kejuruan pastry yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat Gedangan adalah sebagai bentuk upaya dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pastry kepada masyarakat Gedangan. Dalam hal itulah, penerapan program pelatihan kerja berbasis kompetensi kejuruan pastry ini dibuat oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di lingkungan Kecamatan Gedangan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dan juga mendapatkan sertifikat pelatihan yang dapat mereka gunakan baik itu untuk terjun ke industri pastry maupun yang ingin memulai usaha sendiri.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur https://jatim.bps.go.id/indicator/6/54/1/tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-provinsi-jawa-timur.html

Clensia, R., Nazmi, H., Enggoro, S. B., & Anggelina, C. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Seleksi Dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Citra Hannochs Niagantara. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(2), 672-679.

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, Visi dan Misi, https://disnaker.sidoarjokab.go.id/?page=visi-misi

FERNANDEZ, B. R. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) UNTUK MENUNJANG PRODUKTIVITAS USAHA PELAKU UMKM (Studi Pada Bank BRI) (Universitas Bhayangkara Surabaya).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

Sugiyono (2018), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. CV ALFABETA, ISBN : 978-602-289-533-6.

Wianti W., & Aida Nur Aisyah R. (2019). Analisis Prosedur Pelatihan Karyawan pada PT Istana Karang Laut Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 160.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i2.2023.398-405

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.