PERBEDAAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 16 PALEMBANG DAN SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

Rizki Aulia, Abdullah Idi, Yoyok Hendarso

Abstract


Siswa di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang juga termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, dalam kategori tidak ada perbedaan signifikan (nyata) kualitas layanan pendidikan pada siswa SMA Negeri 16 Palembang dan SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Berdasarkan perhitungan statistik ditemukan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan (nyata) yang signifikan dalam kualitas layanan pendidikan pada siswa SMA Negeri 16 Palembang dan YPI Tunas Bangsa Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kualitas layanan pendidikan pada siswa SMA Negeri 16 Palembang dan YPI Tunas Bangsa Palembang? 2) Apakah ada perbedaan kualitas layanan pendidikan untuk siswa di SMA Negeri 16 Palembang dan YPI Tunas Bangsa Palembang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kualitas layanan pendidikan di SMA Negeri 16 Palembang dan SMA YPI Tunas Bangsa Palembang; 2) perbedaan kualitas layanan pendidikan untuk siswa di SMA Negeri 16 Palembang dan YPI Tunas Bangsa Palembang. Desain ini menggunakan penelitian komparatif yaitu penelitian yang membandingkan, atau dalam bentuk hubungan sebab akibat antara dua atau lebih variabel. Populasi penelitian adalah semua siswa SMA Negeri 16 Palembang dan YPI Tunas Bangsa Palembang, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan total 336 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS for windows. Berdasarkan hasil penelitian kualitas layanan pendidikan untuk siswa di SMA Negeri 16 Palembang termasuk dalam kategori baik, sedangkan kualitas layanan pendidikan.

 Kata Kunci: Kualitas, Layanan, Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 tentang Panduan Kuesioner Pengumpulan Data Mutu Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA).

Fasani, Rizkan Faif. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan terhadap Kepuasan Siswa di SMA MTA Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Lovelock, Christopher. 2002. Service Marketing In Asia. Prentice Hall Inc Singapore

Mendikbud. 2016. Penilaian Kualitas Pendidikan Harus Menyeluruh. Artikel antaranews. Online. www.antaranews.com/berita. Diakses tanggal 7 Mei 2018.

Mongi, Charles E. 2017. Perbandingan SMA Negeri Dan SMA Swasta Berdasarkan Nilai Akreditasi dan Nilai Ujian Nasional Menggunakan Uji-T di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Sains Vol. 16 No. 2, Oktober 2016.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245 234.

Rahayu, Indah. 2017. Perbedaan Kualitas Layanan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Ngawi. Jurnal Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Utami, Desi Wahyu. 2017. Kontribusi Kebersihan Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 4 Tahun ke-6.

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wartono, Kostrad Hari. 2015. Pondok Pesantren Internasional di Surakarta Dengan Pendekatan Arsitektur Islam. Naskah Publikasi. Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widodo (2017. Sekolah Ramah Hak Asasi Manusia (SR HAM): Solusi Menghapus Pelanggaran HAM di Sekolah. Jakarta: Penyuluh Ham Komnas HAM.

Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. 2002. Service Marketing. New York: McGraw Hill Inc, Int‟l Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v4i1.2020.7-15

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.