Pengaruh Kualitas Produk, Sistem Akuntansi, Dan Pemasaran Online Terhadap Kinerja Usaha UMKM Medan The Kitchen Of Asia (Mentai) Di Kota Medan

Ernita Ernita, Bambang Suseno, Mustika Dewi, Muhammad Ilham

Abstract


Perkembangan industri kuliner semakin meningkat, sehingga menciptakan kompetisi bagi pelaku UMKM yang mempengaruhi kinerja UKM. Tentu ada upaya meningkatkan kinerja dengan cara kualitas prodyk, sistem akuntanasi dan pemasaran online.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pengaruh kualitas produk, sistem akuntansi, dan pemasaran online terhadap kinerjan UMKM. Populasi berjumlah 34 orang dengan teknik penarikan sampel dengan nonprobabilitymetoda sampel jenuh maka semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik analisis data dengan regresi linear berganda. Teknik pengumpalan data menggunakan kuesionet dan wawanacara. Berdasarkan analisis statistik deskripsi nilai rata-rata kuliatas produk sebesar 38,88 pada ketegori baik, rata-rata sistem akunatasi sebesar 34,12 pada kategori baik, pemasaran onlinerata-rata sebesa5 16,15 pada kategori baik dan kinerja UMKM sebesar 16,19 pada kategori baik. Berdasarkan hasil analisi regresi linerar secara parsial bahwa hasi thitung> ttabel. Kualita produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kineja UMKM, sistem akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kineja UMKM dan pemasaran onlineberpengaruh positif dan signifikan

Full Text:

PDF

References


Dominczak, Fiedukowicz, & Olszewski. (2020). Geographical and Economic Factors Affecting the Spatial Distribution of Micro, Small, and Medium Enterprises: An Empirical Study of the KujawskoPomorskie Region in Poland. ISPRS International Journal of Geo-Information, 9(7). https://doi.org/10.3390/ijgi9070426

Ermawati, N., & Arumsari, N. R. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Usaha Kecil Menengah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 23(1), 58.

Emilia & M. Hasanbasri (eds.); 3rd ed.). GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS

Kotler, P., & Andreasen, A. R. (1995). Strategi Pemasaran untuk Organisasi Nirlaba. Edisi ketiga

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). International Journal of Science and Engineering I nvention The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performance.

International Journal of Science and Engineering Invention, 04(19–21), 8–21.

Mangkunegara, A.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marbun, M., Yona, M., & Ariyati, Y. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada PT Cipta Group Kota Batam (Studi Kasus Pada Perumahan Buana Bukit Permata di Batam). Jurnal Bening, 3(2), 1–10

Prastika, N. E., & Djauhar, E. P. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Perusahaan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pekalongan. LITBANG.

Ranto, B. 2007. Analisis Hubungan antara Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kemandirian Usaha terhadap Kinerja Pengusaha pada Kawasan Industri Kecil di Daerah Pulogadung. Jurnal Usahawan. 36(10).

Rachmadi, Tri. 2020. The Power Of Digital Marketing

Rianto, M. R., Jasfar, F., & Arafah, W. (2021). Mediating Effect of Organization Learning on the Relationship Between Strategic Change, Knowledge Management and Transformational Leadership ; Case of Indonesia Islamic Banks. 10(3), 26–49

Sugianto, J. dan Sugiharto, S. 2013. Pengaruh Service Quality, Food Quality, Dan Price Terhadap Kepuasan Konssumen Restorant Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1-10.

Sumarwati, E. D., & Rachman, N. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi ( Studi Kasus Umkm Perempuan Di Kabupa ten, (November), 242–250.

Wibowo, Alex. 2015.Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga)https://doi.org/10.24914/jeb.v18i2.269




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.324-331

Article Metrics

Abstract view : 1914 times
PDF - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.