PENGARUH TERPAAN BERITA COVID-19 DI TELEVISI TERHADAP PERUBAHAN PERSEPSI DAN PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT DI KECAMATAN MEDAN LABUHAN

Hendry Syahputra Hasibuan, Rahmanita Ginting, Leylia Khairani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk menganalisis pengaruh terpaan berita COVID-19 di televisi terhadap perubahan  persepsi masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan.2)Untuk menganalisis pengaruh terpaan berita COVID-19 di televisi terhadap perubahan perilaku masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan.3)Untuk menganalisis pengaruh terpaan berita COVID-19 di televisi terhadap perubahan persepsi dan perubahan perilaku masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses & effect. Untuk melihat bagaimana Tayangan berita Covid-19 dapat merubah persepsi dan perilaku masyarakat di kecamatan Medan Labuhan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 85.722 orang dengan jumlah sempel 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Dari hasil uji signifikansi terhadap variabel terpaan berita (X) terhadap variabel perubahan persepsi (Y1) dan variabel perubahan perilaku (Y2) sebesar 0,00 < 0,05, serta uji t dengan hasil variabel terpaan berita (X)  dengan variabel perubahan persepsi (Y1) diperoleh thitung sebesar 24.704 > ttabel 1.984. uji t terhadap variabel terpaan berita (X) dengan perubahan perilaku (Y2) diperoleh thitung 19.450 > 1.984 maka Ha untuk Hipotesis ke tiga di terima yaitu terdapat pengaruh terpaan berita covid-19 di televisi terhadap perubahan persepsi dan perubahan perilaku di masyarakat Kecamatan Medan Labuhan.

Kata Kunci:Komunikasi Massa, Televisi, Berita Covid-19.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akil, Anshar, Muhammad. 2011. Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Makasar: Alauddin University Press

Armaya, Titan. 2014. Terpaan Pemberitaan Media Massa Dan Tingkat Kepercayaan Masyarakat Pada Kompetensi Jokowi Sebagai Pemimpin Terhadap Munat Masyarakat Memilih Jokowi Sebagai Capres. Skripsi Universitas Diponogoro.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ardianto, Elvinaro. 2011. Komunikasi Massa. Bandung: PT. Simbiosa Rekatama Media

Bungin, Burhan. 2013. Sosiologi komunikasi: teori, paradigma dan surat kabar teknologi komunikasi. Jakarta: Kencana

Biagi, Shirley. 2010. Media/Media Pengantar Media Massa. Jakarta: Selemba Humarika

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2014 . Teori Komunikasi. Malang: Gunung Samudra.

Dewi, T.H & Handayani, A. 2013. Kemampuan Mengelola Konflik Interpersonal Di Tempat Kerja Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Komunikasi Interpersonal Dan Tipe Kepribadian Ekstrovert. Jurnal Psikologi Undip

Djamal, Hidajanto. 2011. Dasar Dasar Penyiaran. Jakarta: Kencana

Elvinaro, Ardianto.2004. Komunikasi massa suatu pengantar. Bandung: Simbiosa rekatama media.

Ginting, Rahmanita (2020). Kemampuan Literasi Media Pada Era Informasi Digital Di Kalangan Mahasiswa KotaMedan. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, And Arts (LWSA), 3(1).

Hamim. 2010. Pengaruh Terpaan Berita Kejahatan Ditelevisi Terhadap Sikap Waspada Dan Cemas Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Unitomo Surabaya.

Halik, Abdul. 2013. Komunikasi Massa. Makasar: Alauddin University Press.

H, Putri, Anindityas. 2011.Terpaan Berita Penculikan Anak Dan Faktor Demografis Terhadap Tingkat Kecemasan Orangtua Atas Keamanan Anak. Skripsi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Junaidi, Fajar. 2013. Jurnalisme Penyiaran Dan Reporter Televisi. Jakarta: Kencana

Kasmadi, Sunaria, N. Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitas. Bandung: Alfabeta

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

King, Laura A. 2010. Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Selemba Humanika

Lestari, Sri, 2015. Pengaruh Terpaan Berita Kebakaran Di Televisi Terhadap Perubahan Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Menggunakan Barang Elektronik Di Kelurahan Loa Bakung Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman

Mcquail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa Edisi 6. Jakarta: Selemba Humanika Morissan.2013, Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Munawaroh, Ulfatu.2015. Terpaan Berita Kriminal Geng Motor Di Surat Kabar Harian Samarinda Pos (Sapos) Dalam Menumbuhkan Kewaspadaan Masyarakat Di Samarinda (Studi Pada Masyarakat Perumahan Puri Indah Rt 02 Kelurahan Sungai Kapih).Jurnal S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Nova, Firsan.2011. Crisic Public Relations: Strategi Public Relations Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra Dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: Rajawali PersNurudin.2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Notoadmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta: Renika Cipta

Putri, Pebriani, Yenny. 2014.Terpaan Program Berita Reportase Investigasi Di Trans Tv Terhadap Persepsi Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahmi, Fauzia. 2017. Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Pada Murid Kelas IV Sd Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo. Skripsi Universitas Alauddin Makasar

Romli, Asep. 2014. Jurnalistik online: penduan mengelola media online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sendjaja, sasa Djuarsa, Rahardjo. 2014. Teori Komunikasi. Memahami teori komunikasi: pendekatan, pengertian, kerangka analisis, dan perspektif. Jakarta: Universitas terbuka

Sari, Puspita, Dhiyah. 2014 Pengaruh Terpaan Berita Kasus Pembunuhan pada Remaja di Media Massa dan Intensitas Komunikasi Orangtua – Anak terhadap Kecemasan Orangtua atas Keamanan Anaknya. SkripsIlmu Komunikasi Falkutas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif (Perhitungan Manual & SPSS). Jakarta: Kencana

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial.Jakarta: Refika Aditama

Soemirat, Soleh, MS, Elvinaro.2012. Dasar Dasar Publik Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumadiria, Haris. 2011. JurnalistikIndonesia, Menulis Berita Dan Feature. Bandung: Simbiosa Rakatama Media.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta. PT. Ghalia Indonesia.

Suhendang, Kustadi. 2016. Pengantar Jurnalistik. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Taufik, Tata. 2012. Etika KomunikasiIslam: Konspirasi Islam & Barat. Bandung: Pustaka Setia

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : C.V Andi

Yusuf, LN Syamsu. 2015. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Zen, Fitri, Yaumil. 2019. Pengaruh Terpaan Berita Kecelakaan Pesawat Lion Air Jt 610 Di Media Internet Terhadap Citra Jasa Penerbangan Lion Air(Survey Pada Pengguna Jasa Penerbangan Di Bandara Sultan Syarif Hasim II Pekan Baru.Jurnal Universitas Riau.

Zaenudin. 2011. The Jurnalis. Bandung: Simbioasa Rakatama Media

Sumber Lain

Satgas Penanganan COVID-19 (2019). Jumlah Pasien COVID-19 di Indonesia. Diperolah dari

https://covid19.go.id. (Di Akses pada tanggal 29-04 2021).

https://covid19.pemkomedan.go.id (29-04-2021)

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/19/110100565/survei-bps-17-dari-100-orang-responden-nyatakan-tidak-mungkin-terinfeksi?page=all ( 29 April 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jim.v7i1.2023.288-295

Article Metrics

Abstract view : 1586 times
PDF - 556 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.