PELATIHAN JARIMATIKA UNTUK SISWA KELAS I SDIT INSAN MULIA KOTA BENGKULU
Abstract
SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu merupakan sekolah yang diusulkan sebagai mitra kegiatan PPM IPTEKS. Berdasarkan hasil wawancara dengan para guru di SDIT Insan Mulia diperoleh data bahwa siswa kelas I ternyata mengalami kendala dalam menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran matematika. Siswa masih sering salah hitung dalam menyelesaikan soal matematika. Ditambah lagi jika soal berbentuk soal cerita juga akan membuat siswa semakin kesulitan untuk menyelesaikan soal. Menurut guru kelas I SDIT Insan mulia, siswa kelas I cenderung tidak senang mata pelajaran matematika karena dianggap sulit dan membingungkan. Berdasarkan permasalahan di atas, tim dosen melakukan diskusi dengan guru di SDIT Insan Mulia. Selanjutnya alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah menerapkan jarimatika untuk konsep operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan di kelas I SDIT Insan Mulia. Fokus masalah yang harus diselesaikan melalui kegiatan PPM ini, yaitu melatih kemampuan berhitung siswa kelas I SDIT Insan Mulia dengan menggunakan metode jarimatika. Adapun yang menjadi sasaran kegiatan PPM ini adalah guru kelas I dan siswa I di SDIT Insan Mulia. Kegiatan PPM ini menggunakan metode pendampingan dan pelatihan. Lembar tes, lembar wawancara, dan lembar observasi merupakan instrumen evaluasi kegiatan ini. Hasil kegiatan ini adalah telah dilakukan kegiatan FGD barsama guru, tim dosen dan mahasiswa mengenai metode jarimatika. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan praktik pembelajaran metode jarimatika kepada siswa kelas I SDIT Insan Mulia Kota Bengkulu. Hasil menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menggunakan teknik jarimatika dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusdianita, N, Karjiyati, V. (2021d). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF UNTUK MENANAMKAN KONSEP BANGUN RUANG BAGI GURU DI SDN 67 KOTA BENGKULU. vo 1 no 2 Juni 2021.
Agusdianita, N. (2021a). The exploration of the elementary geometry concepts based on Tabot culture in Bengkulu. Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing
Agusdianita, N. (2021b). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery.Prosiding International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020). Atlantis Press
Agusdianita, N. (2021c). Pelatihan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 67 Kota Bengkulu. Martabe Jurnal PPM. Vol 4, No 1. 63-72.
Agusdianita, N. (2022). Pendampingan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sdn 166 Kemumu Bengkulu Utara. Martabe Jurnal PPM vol 5 no 2. 512-524
Karso,H. (2014), Pendidikan Matematika I, Jakarta : Universitas Terbuka
Prasetyono D.S. 2008. Memahami jarimatika untuk pemula. Yogyakarta: Diva Press.
Russeffendi. (2014). Perkembangan Pendidikan Matematika, Jakarta : Universitas Terbuka
Wijiastuti, Asri. 2012. Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode jarimatika pada siswa tunarungu kelas IV SDLB Sariwiyata Wiligi Blitar.
Wulandari, S.P. 2008. Jarimatika perkalian dan pembagian. Jakarta: Kawan press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1092-1098
Refbacks
- There are currently no refbacks.