PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MEMPERSIAPKAN LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) AKUNTANSI PADA SMK YPE NUSANTARA SLAWI

Fitri Amaliyah, Hetika Hetika, Krisdiyawati Krisdiyawati, Ririh Sri Harjanti

Abstract


Lomba Kompetensi Siswa (LKS) suatu kegiatan lomba yang diselenggarakan setiap tahun yang diikuti siswa SMK berdasarkan kompetensi masing-masing yang bertujuan mengetahui kemampuan siswa. Permasalahan pada kegiatan ini yaitu kurang maksimalnya persiapan yang dimiliki siswa untuk mengikuti kegiatan LKS. Permasalahan yang terjadi disebabkan karena guru belum memiliki tips dan trik yang maksimal dalam menyampaikan materi kepada siswanya. Selain itu, pelatihan yang diberikan guru kepada siswa juga waktunya  sangat minim. Persiapan yang kurang maksimal membuat rasa kurang percaya diri siswa pada lomba kompetensi akuntansi tersebut. Sehingga alasan tersebut memperkuat tim pengabdian untuk mengadakan upaya peningkatan profesionalisme guru dalam persiapan mengikuti kegiatan LKS. Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi tiga tahap. Pertama, tim pengabdian melakukan survei tentang permasalahan yang dihadapi SMK serta menentukan tema. Kedua, tim pengabdian menyusun materi dan perlengkapan yang dibutuhkan. Tahap ketiga, tim kegiatan melakukan pelaksanaan kegiatan dengan metode ceramah, tutorial dan diskusi. Pelatihan tersebut memberikan hasil adanya peningkatan wawasan tentang tips dan trik menyusun laporan keuangan dalam persiapan lomba kompetensi siswa (LKS) Akuntansi.


Keywords


Profesionalisme Guru, LKS Akuntansi, Siswa SMK

Full Text:

PDF

References


Astuti, E., & Utomo, S. W. (2021). Pendampingan Pemanfaatan ICT Dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK. 1, 18–29.

Nopriansyah. (2019). Mempersiapkan Lulusan SMK Menghadapi Era Industri 4.0. https://smkn1tempilangbabel.sch.id/read/8/mempersiapkan-lulusan-smk-menghadapi-era-industri-40

Sunarto. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. 26 Februari 2019. https://formenews.id/2019/02/26/upaya-meningkatkan-kompetensi-profesional-guru-dalam-proses-belajar-mengajar/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1826-1831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.