IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DALAM MENGOPTIMALKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SDN 41 PALEMBANG

Asti Gumartifa, Bengawan Alfaresi

Abstract


Pada umumnya banyak sekali kendala bagi pendidik dalam melaksanakan pengajaran dimasa pandemi saat ini. Tidak banyak para pendidik yaitu guru untuk bisa membiasakan diri untuk memanfaatkan teknologi dalam pengembangan proses pembelajaran. Bagi beberapa guru yang bukanlah lahir di zaman Milenial yaitu zaman yang menggunakan Internet, Komputer dan Teknologi sangatlah memiliki kekurangnya kompetensi di bidang tersebut. Selain itu kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah tempat mereka mengajar merupakan alasan yang mendukung bahwa sebagian besar dari pendidik kurang optimal dalam melaksanakan pengajaran. Sehingga, tim pengabdian masyarakat mengadakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan wawasan serta pelatihan secara langsung bagi guru yang sangat kurang pemahaman dibidang tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan para guru untuk membuat dan menjelaskan bahan ajar yang berbasis teknologi. Setiap guru diajarkan dari proses penginstalan aplikasi, penjelasan mengenai Google Classroom, dan  penggunaan secara langsung. Pada akhirnya semua guru sebagai peserta yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakt ini diminta untuk membuat Goggle Classroom masing-masing dengan mempraktikkan pembuatan absensi, meng-upload mater, membuat pertanyaan yang sebrsifat essay dan pilihan ganda, serta mengoreksi tugas.

Keywords


Teknologi, Pembelajaran, Google Classroom, Kelas Online

Full Text:

PDF

References


Admin. 2019 “SD Negeri 41 Palembang” https://penasumatera.co.id/bina-budi-pekerti-siswa-sdn-41-palembang-terapkan-belajar-mengaji-usai-sekolah/ (Maret 22, 2019).

Algahtani A.F. (2011). Evaluating the Effectiveness of the E-learning Experience in Some Universities in Saudi Arabia from Male Students' Perceptions. Durham theses. Durham University

Hakim, AB. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-statement: information system and technology management, 2(1): 2442-8337.

Saravankumar-AR. 2018. “Role of ICT on Enhancing Quality of Education.” Int. J. Innov. Sci. Res. Technol 3(12): 717–19.

Soni, Hafid A., Hayami R., Fatma Y., Wenando FA., Amien JA., et al. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri 2(1):17-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1001-1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.