INTEGRASI ALGORITMA SOSIAL MEDIA

Riski Hernando, Fitrini Mansur, Ratih Kusumastuti, eko Prasetyo, Primadi Prasetyo

Abstract


Di era digital yang semakin maju, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Artikel ini membahas tentang integrasi algoritma dalam platform media sosial dan dampaknya terhadap interaksi pengguna. Dengan menggunakan algoritma canggih, platform media sosial dapat menyaring konten, mempersonalisasi pengalaman pengguna, dan meningkatkan keterlibatan. Penelitian ini merupakan hasil dari pengabdian masyarakat di Kelurahan Tanjung Johor dengan melibatkan lebih kurang 30 peserta pelaku UMKM di Desa tersebut. Pengabdian ini juga melibatkan content creator dari Kopi Paman. Hasil pengabdian ini memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi algoritma media sosial mempengaruhi dinamika sosial dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan usaha pelaku UMKM Kelurahan Tanjung Johor di masa depan.


Keywords


Digital Marketing, Integrasi Algoritma, Sosial Media, Tanjung Johor.

Full Text:

PDF

References


Ardhina, F., Wijaya, R., & Hernando, R. (2023). Analisis Penerapan Sak Emkm Pada Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Jambi Kota Seberang. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen, 19(1), 20-29.

DeVito, M. A. (2017). From Editors to Algorithms: A Values-Based Approach to Understanding Story Selection in the Facebook News Feed. Digital Journalism, 5(6), 753-773.

Firdaus, R., Kel, S., Margiutomo, S. A. S., Kom, S., Dulame, I. M., SE, M., ... & Kom, M. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Efitra, S. Kom., M. Kom.

Hernando, R., Rafiqi, R., Hendriyaldi, H., Hastuti, D., & Sukmawati, N. (2022). Home industry development through digital marketing with canva application optimization. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(3), 557-570.

Hernando, R., Mansur, F., & Prasetyo, E. (2023). The effect of tax harmonization law and tax sanctions on MSME taxpayer compliance in Jambi. Journal of Contemporary Accounting, 47-58.

Hernando, R., Anggraini, P., & Mansur, F. (2023). Determinants of the Use of Accounting Information in MSMEs in Jambi City. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 7(1), 37-54.

Hernando, R., Mansur, F., Prasetyo, E., Prasetia, P., Brimer, D. R., & Syariz, A. A. (2024). Optimalisasi Penggunaan Platform Sosial Media Tiktok, Instagram, Dan Youtube Dalam Mengembangkan Produk UMKM Secara Digital. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 383-388.

Mansur, F., Hernando, R., & Prasetyo, E. (2023). Factors Affecting MSME Taxpayer Compliance: Tax Sanctions As Moderation: English. Jurnal Akuntansi, 27(1), 136-156.

Nainggolan, H., Hastuti, D., Hendriyani, C., Hernando, R., Dulame, I. M., Afriyadi, H., ... & Wijaya, B. K. (2023). Manajemen Pemasaran (implementasi manajemen pemasaran pada masa revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Noble, S. U. (2018). Algorithms of Oppression: How Search Engines Reinforce Racism. New York: NYU Press.

Putra, W. E., Wijaya, F., & Hernando, R. (2023). Dampak Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan UMKM: Studi Pada Pengusaha Pinang Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur: Success Study Of Pinang Entrepreneurs In Tanjung Jabung Timur District. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 12(03), 886-898.

Rafiqi, R., Hernando, R., Hendriyaldi, H., Widiastuti, F., & Hastuti, D. (2022). Pendampingan Digital Marketing Berbasis Syariah Produk Anyaman Bahan Baku Tanaman Resam Desa Maro Sebo, Jambi. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3816-3821.

Rafiqi, R., Hastuti, D., Hernando, R., Hendriyaldi, H., & Sukmawati, N. (2024). Halal Certification in Bibliometric Perspective: Trend and Impact Analysis. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(2), 260-278.

Syamil, A., Anggraeni, A. F., Martini, R., Hernando, R., Rachmawati, R., Evi, T., & Rusgowanto, F. H. (2023). AKUNTANSI MANAJEMEN: Konsep-konsep dasar Akuntansi Manajemen Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wiralestari, W., Friyani, R., & Hernando, R. (2020). The Use of Information Technology in Improving the Quality of Financial Reporting in Micro, Small and Medium Enterprises. In THE 3rd GREEN DEVELOPMENT INTERNATIONAL CONFERENCES, 2020.

Wiralestari, W., & Hernando, R. (2020). Factors Affecting the Quality of MSME Financial Reporting. In The 3rd International Conference on Business, Policy, and Social Sciences (ICBPS).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.4920-4925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.