PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA INOVATIF BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENGEMBANGKAN LITERACY DIGITAL CALON GURU SD/MI DI ACEH DALAM MENDUKUNG TRANSFORMASI DIGITAL BERKELANJUTAN

Zikra Hayati, Nida Jarmita, Sri Astuti, Khairatul Ulya

Abstract


AI (Artificial Intelegence) suatu teknologi yang dirancang serupa dengan intelektual manusia dikhususkan untuk memecahkan masalah yang sifatnya kognitif, pemecahan masalah, logika, pengambilan keputusan. Tujuan pengabdian: (1) Menganalisis kemampuan awal calon guru SD/MI dalam memahami media inovatif berbasis AI sebelum pendampingan, (2) Mendeskripsikan bentuk pendampingan pembuatan media inovatif berbasis AI yang dilakukan, (3) Membantu memberikan kontribusi bagi PTN dan PTS dalam Mengembangkan Literacy Digital Mahasiswa Calon Guru SD/MI di Aceh. Pendekatan penelitian menerapkan Participatory Action Research (PAR). Ada 3 tahap Pelaksanaan pengabdian yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi, Hasil Pengabdian menunjukkan; 1) Gambaran kemampuan awal mahasiswa calon guru SD/MI di Aceh dalam memahami media inovatif berbasis AI: mahasiswa mengalami kesulitan pada pembuatan media pembelajaran ppt interaktif, realitas virtual dan chatboot, video dan games menarik; 2) proses pelatihan peserta akan diberikan materi yang memadai sebagai pengenalan topik yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakan perangkat AI. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan konsep tentang materi yang mudah dipahami peserta, sehingga memudahkan proses praktik pembuatan media inovatif; 3) mahasiswa termotivasi dan antusias dalam menghasilkan produk media inovatif AI dengan skor 4,2 kategori terlibat aktif sehingga kegiatan ini memberi dampak positif dari aspek memotivasi peserta. Responden terlibat secara aktif dalam pelatihan ini, peserta sangat antusias dalam menyelesaikan produk baik berupa media pembelajaran dan perangkat pembelajaran, proses pelatihan peserta akan diberikan materi yang memadai sebagai pengenalan topik yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakan perangkat AI. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan konsep tentang teori dengan Bahasa yang mudah dipahami peserta, sehingga memudahkan proses praktik pembuatan media inovatif. Kemudian pemateri mensimulasikan contoh pembuatan media inovatif dan membimbing teknis pembuatan media inovatif berbasis AI dalam pembelajaran

Keywords


AI (Artificial Intelligence); Literacy Digital; Calon Guru SD/MI

Full Text:

PDF

References


Adha, R., Neelima, V., VedaVarshan, M. P., Basha, S. S., Jeevitha, U., KapilKumar, M. A., & Kumar, G. S. (2023). Artificial Intelligence (AI) and Its Application in Pharmacy. Advances and Challenges in Science and Technology Vol. 9, April, 187–198. https://doi.org/10.9734/bpi/acst/v9/6951c

Aryani, D., Putra, S. D., Noviandi, N., Fatonah, N. S., Ariessanti, H. D., & Akbar, H. (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Metode Community Based Participatory Action Research (CBPAR). Jurnal Abdidas, 3(6), 1091–1100. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.728

Boussouf, Z., Amrani, H., Zerhouni Khal, M., & Daidai, F. (2024). Artificial Intelligence in Education: a Systematic Literature Review. Data and Metadata, 3(3). https://doi.org/10.56294/dm2024288

Copee, B., Kalantzis, M., & Searsmith, D. (2020). Artificial intelligence for education: Knowledge and its assessment in AI-enabled learning ecologies. Educational Philosophy and Theory. Educational Philosophy and Theory, 53(12), 1229–1245. https://doi.org/10.1080/00131857.2020.1728732

de Souza Zanirato Maia, J., Bueno, A. P. A., & Sato, J. R. (2023). Applications of Artificial Intelligence Models in Educational Analytics and Decision Making: A Systematic Review. World, 4(2), 288–313. https://doi.org/10.3390/world4020019

DEPENAS. (1995). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU.RI.No.2/1989) (p. 7). Grafika.

Dorothea Nelson. (2014). Participatory Action Research: A Literature Review. Unpublished Manuscript, November 2017. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30944.17927/1

Gao, S. (2020). Innovative teaching of integration of artificial intelligence and university mathematics in big data environment. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 750(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/750/1/012137

Halidin, H., & Sari, D. U. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Artificial Intelegence Berbasis Canva. Saintifik, 9(2), 315–322. https://doi.org/10.31605/saintifik.v9i2.450

He, J., Baxter, S. L., Xu, J., Xu, J., Zhou, X., & Zhang, K. (2019). The practical implementation of artificial intelligence technologies in medicine. Nature Medicine, 25(1), 30–36. https://doi.org/10.1038/s41591-018-0307-0

Liu, Y., & Ren, L. (2022). The Influence of Artificial Intelligence Technology on Teaching under the Threshold of “internet+”: Based on the Application Example of an English Education Platform. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/5728569

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 285–297. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.462

OECD. (2019). The Digital Innovation Policy Landscape in 2019. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/6171f649- en.pdf?expires=1562081542&id=id&accname=guest&checksum=5F0980640A1A43B06C0F135CE D8D1E59.

Punia, S. (2012). Artificial Intelligence and Intelligence Amplification. Nerds on Wall Street, May, 149–158. https://doi.org/10.1002/9781119201113.part3

Rajab Agustini, M. S. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 999–1015.

Rajesh Tandon. (1993). Evaluasi dan Riset Partisipatoris: Berbagai Konsep dan Persoalan Pokok Walter fernandes dan Riset Partisipatoris Riset Pembebasan, terj. FX. PT Graedia Pustaka Utama.

Rios-Campos, C., Cánova, E. S. M., Zaquinaula, I. R. A., Zaquinaula, H. E. A., Vargas, D. J. C., Peña, W. S., Idrogo, C. E. T., & Arteaga, R. M. Y. (2023). Artificial Intelligence and Education. South Florida Journal of Development, 4(2), 641–655. https://doi.org/10.46932/sfjdv4n2-001

Sugiono, S. (2020). Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 22(2), 175–191.

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv

.

Susilawaty, A., Tasruddin, R., Ahmad, D., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset berbasis komunitas (Community Based Research) (Issue 1).

Tatyantoro andrasto, 2013. (2013). Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Unnes. Jurnal Teknik Elektro, 5(2), 64–68.

Van Vaerenbergh, S., & Pérez-Suay, A. (2022). A Classification of Artificial Intelligence Systems for Mathematics Education. 89–106. https://doi.org/10.1007/978-3-030-86909-0_5

Wati, I., Ernita, M., Ristiliana, R., & Lubis, M. I. (2023). Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UIN Suska Riau. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 6(1), 21. https://doi.org/10.24014/ekl.v6i1.22723




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4526-4540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.