PENGENALAN LITERASI DIGITAL DALAM MENJAWAB TANTANGAN TEKNOLOGI MASA DEPAN PADA KELOMPOK RENTAN DIGITALKOTA TEGAL

Ghea Dwi Rahmadiane, Ririh Sri Harjanti, Bahri Kamal, Ade Nur Alyyah, Idris Maulana Saputra, Rafiandy Zolanda Satria

Abstract


Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan manfaatnya secara sehat dan bijak. Kemudahan manusia modern menerima informasi melalui gawai pintar tidak diimbangi dengan kompetensi literasi visual yang baik. Fenomena hoaks yang menyebar dengan masif di aplikasi percakapan dan media sosial dirasa semakin meresahkan dari waktu ke waktu. Kondisi ini diperparah lagi dengan minimnya keterampilan dalam membagi data dan informasi serta berinteraksi melalui berbagai perangkat komunikasi digital. Menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Indonesia adalah salah satu upaya pembangunan ekonomi masyarakat yang adil. Dalam kesempatan kali ini, tim pengabdian masyarakat mengusulkan kegiatan pengenalan literasi digital bagi kelompok rentan digital salah satunya remaja. Berdasarkan hasil survei pada siswa/siswi SMA NU Kota Tegal masih kurangnya etika dan privasi dalam menggunakan media digital para remaja yang berdampak negative pada kehidupan sehari-hari. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang dilakukan selama 2 hari, dimana rencana peserta terdiri dari siswa siswi SMA NU Kota Tegal sebanyak 25 siswa. Kegitan PKM ini dilaksanakan di ruang Laboratorium Komputer SMA NU Kota Tegal. Diharapkan dengan Kegiatan PKM dapat meningkatkan kemampuan pemahaman literasi digital dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari pada siswa/siswi SMA NU Kota Tegal.

Keywords


literasi digital, kelompok rentan digital.

Full Text:

PDF

References


Arwien, R. T., Wirawan, Z., Veryani, A. N., Sahabuddin, E., Muriati, S., & Sari, J. (2024). Pelatihan Literasi Digital dalam Mendukung Sustainable Development Berwawasan Lingkungan Hidup. Malebbi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11.

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Mila Vernia, D., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2024a). Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan, 33(1), 463–468. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4857

Cleopatra, M., Sahrazad, S., Mila Vernia, D., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2024b). Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Kota Bekasi The Influence of Digital Literacy and Soft Skill to Entrepreneurship Interest in Bekasi City Vocational School Student. 33(1), 463–468. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4857

Isabella, Iriyani, A., & Puji Lestari, D. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167–172.

Jauhari, M. N., & Purnaningrum, E. (2021). Pelatihan Bisnis Online Bagi Komunitas Disabilitas di Masa Pandemi Covid-19. Kanigara, 1(2), 133–139.

Purnomo, N. (2020). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi, 4(3), 376–381.

Putra, R. P., Maryani, A., Triwardhani, I. J., & Rachmawati, I. (2022). Pengembangam Softskill Social Media Marketing Bagi Komunitas Wanita Disabilitas (HWDI Provinsi Jawa Barat). Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 761–772. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.18352

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunikasi, Meida, Dan Informatika, 10(1), 33–43. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3795

Rahmadiane, G. D., Alfian, M., & Firmansyah, M. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dan Social Commerce untuk Siswa/Siswi SMK Ma’arif NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 184–191. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14178

Rahmadiane, G. D., & Mahmudah, N. (2023). The Analysis of Marketing, Strategy Planning, Enterprise Orientation, Technology, and Capital on Indonesian MSMEs Performance. In Proceedings of the Tegal International Conference on Applied Social Science & Humanities (TICASSH 2022) (pp. 8–17). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-494069-09-1_3

Rahmadiane, G. D., & Utami, U. S. (2022). Analisis Pemanfaatan Social Commerce Bagi Pengembangan UMKM di Indonesia. AdBispreneur, 6(3), 225. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i3.29114

Supriyanto, Hadi, H. K., Beny, A. O. N., Muhimmah, H. A., & Wiryanto. (2024). Pemberdayaan Komunitas Tuli Gresik (Kotugres) Melalui Pelatihan Bisnis Digital. ABIMANYU: Journal of Community Engagement, 5(1), 56–61.

Sussolaikah, K., Sulistyowati, N. W., Wihartanti, L. V., Isharijadi, Ike Wulandari, M., & Nugrahaningtyas, A. (2022). Pelatihan Marketplace Shopee pada Home Industri. Jurnal Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 172–176.

Werthi, K. T., Agung, A., Agung, G., & Perwira, N. (2024). Penguatan Literasi Digital di Era Digital Ekonomi Sebagai Program Penguatan Peran Perempuan Sebagai Penopang Ekonomi Keluarga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 606–610. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7560




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i10.4091-4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.