INTRODUKSI TEKNOLOGI PENGEMASAN DAN PELABELAN PRODUK UMKM DI DESA PEMEPEK KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH
Abstract
Usaha pengolahan produk pangan merupakan usaha yang potensial dan banyak dilakukan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pengemasan dan pelabelan merupakan hal mendasar dalam menjaga mutu pangan dan nilai tambah produk pangan. Pengemasan dan pelabelan merupakan media komunikasi produk kepada pasar yang penting dalam pemasaran produk. Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu introduksi teknologi pengemasan dan pelabelan produk UMKM di desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku usaha kecil yang berasal dari Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Koperasi. Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memperluas pasar bagi produk yang dihasilkan kelompok dan meningkatkan nilai ekonomi produk yang mereka hasilkan. Pendekatan yang digunakan pada kegiatan ini adalah pendidikan orang dewasa menggunakan metode ceramah, pelatihan dan praktek, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Melalui kegiatan ini peserta mampu membuat kemasan dan label untuk produk kopi, madu, dan makanan ringan (kripik) yang mereka hasilkan sesuai dengan standar SNI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamri, M.S, dkk. 2012. Food packaging’s materials: A food safety perspective. Saudi Journal of Biological Sciences. Saudi Journal of Biological Sciences. Volume 28, Issue 8, August 2021, Pages 4490-4499.
Gulzar, A, dkk. Impact of Labeling and Packaging on Buying Behavior of Young Consumers with Mediating Role of Brand Image. Interdisiplinary Journal of Research in Business. VOL 3, NO 8. Pp. 1022-1029. Institute of Interdisciplinary Business Research.
Irrubai, M.L. 2016. Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga. Social Science Education Journal, 3 (1), SOSIO DIDAKTIKA, p-ISSN: 2356-1386, e-ISSN: 2442-9430.
Kotler. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler and Armstrong. 2015. “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth editionâ€, England: Pearson Education, Inc.
Marlizar, dkk. 2020. The Role of Market Orientation and Creativity in Affecting the Marketing Performance of Market Traders in Aceh Market Banda Aceh City Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Volume 3, No 1, February 2020, Page: 1114-1127 e-ISSN: 2615-3076(Online), p-ISSN: 2615-1715(Print).
Menik Aryani, dkk. 2022. Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies. Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat. Vol. 3, No. 3. E-ISSN : 2722-5097. Pg : 577-583.
Prasetyo, dkk. 2023. Training and Assistance on Packaging, Labeling, and Online Marketing of Msmes. Asian Journal of Community Services (AJCS). Vol. 2, No. 6, 2023: 467-472.
Prayusi, N.D dan Andriani, E. 2022. The Role of Food Product Packaging Labels on Product Purchase Interest. Bulletin of Culinary Art and Hospitality Vol 2, No 2, December 2022, pp. 57-60. ISSN 2797-8249. Departement of Mutrition, Facultty of Health Sciences, Universitas Singaperbangsa Karawang, H S. Ronggowaluyo Street Telukjambe Karawang.
Tarina, dkk. 2019. Implementation of Labeling Standards for Food Packaging Products in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. ISSN 2364-5369 Volume 6, Special Issue 1 February, 2019 Pages: 1-20.
Zhou Yangang. 2021. Research on the Regional Expression of Visual Elements in Modern Packaging Design under the Background of Modern Art. E3S Web of Conferences 236, 05057.
DOI: https://doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2516-2525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher, Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Telp/Fax 063421696. e-mail : press@um-tapsel.ac.id. site: http://um-tapsel.ac.id Klik for more information
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.