INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA SOCIETY 5.0 UNTUK GURU DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Sri Widoyoningrum, Anita Andriani, Indana Lazulfa

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan kerjasama dengan SD Al Qur’an Nahwan Nur Ceweng Kabupaten Jombang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini kami laksanakan dengan tema “Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Society 5.0 Untuk Guru Dalam Projek Penguatan Pelajar Pancasila.” Sasaram dalam kegiatan ini adalah para guru di jenjang Sekolah Dasar Ceweng. Para peserta sosialisasi dan workshop diberika pelatihan singkat tentang pembelajaran berbasis teknologi dan langsung mencoba penggunaan media pembelajaran tersebut. Sosialisasi dan wokrhop ini bertujuan untuk dapat memotivasi para guru dalam pembelajaran menggunakan inovasi pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran dan mengembangan ketrampilan para guru. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode simulasi, dan metode Tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah penguasaan materi teknis penggunaan inovasi pembelajaran berbasis teknologi sehingga para guru memperoleh manfaat nyata dalam proses penerapan dalam pembelajaran  dengan hasil yang baik.dengan inovasi pembelajaran berbasis teknologi, guru dapat memberikan evaluasi berupa quis yang terdapat dalam aplikasi tersebut,sehingga dapat membantu siswa dalam pemahaman materi projek penguatan pelajaran Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


technology-Based, learning-innovation,cai,P-5 Pancasila,society 5.0

Full Text:

PDF

References


Johnson, L., Adams, S., & Cummins, M. (2012). The Technology Outlook for STEM+ Education 2012-2017: An NMC Horizon Project Sector Analysis. Austin, Texas: The New Media Consortium.

Oliver, M., & Carr, D. (2015). Learning Technology for Education in Cloud: 4th International Workshop, LTEC 2015. Springer.

Suseno, F. (2018). Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila di Era Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Galih Dani Septiyan Rahayu, Dida Firmansyah. (2018). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi Volume 1 Nomor 1, Januari 2018.

Sri Widoyoningrum, Iskandar Wiryokusumo, Sugito. (2019). Media Pembelajaran Berbasis CAI Pada Mata Pelajaran PPKN Sekolah Dasar. Jurnal Pajar Volume 3 Nomor 6 November 2019

Keban, Y. (2019). Pendidikan Karakter: Konsepsi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Kencana.

Suryadi, B. (2020). Implementasi Teknologi dalam Pendidikan: Menuju Society 5.0. Jakarta: Penerbit Andi.

Bernadete Nurmawati, Muhammad Laras Widyanto. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Literasi Digital Menuju Era Society 5.0 Di SMK PGRI 4 Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Afnan Rosyidi, Moch Hari Purwidiantoro. (2024) Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Pelatihan Media

Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD

Negeri Singopuran 03. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS Vol.4, No.02, Februari 2024, pp. 84~90




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1635-1640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.