INOVASI KEMASAN DAN VARIASI RASA KERUPUK IKAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH

Yusnawati Yusnawati, Muslimah Muslimah, Nina Fahriana

Abstract


Usaha kecil menengah Bunda adalah salah satu penghasil kerupuk di desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa provinsi Aceh yang selanjutnya disebut dengan mitra. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan tim pengabdi di lokasi mitra, permasalahan yang dihadapi adalah kemasan kurang menarik peminat konsumen dan tidak ada variasi rasa selain rasa original.  Selama ini mitra hanya menjual kerupuk yang sudah dikeringkan saja, tanpa menjual kerupuk dalam kondisi siap dikonsumsi (digoreng). Bagi ibu-ibu yang yang memiliki banyak waktu untuk memasak di rumah, mungkin tidak bermasalah membeli kerupuk yang sudah dikeringkan saja, sementara ibu-ibu yang memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat memasak, akan terhambat merasakan enaknya kerupuk yang dihasilkan, karena kerupuk tidak ada yang dijual dalam bentuk siap dikonsumsi. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mendesain kemasan yang menarik dan menyediakan variasi rasa kerupuk untuk meningkatkan daya saing mitra yang mempu meningkatkan pendapatan. Tahapan yang dilakukan adalah obervasi, koordinasi kegiatan yang akan dilakukan dengan mitra, mendesain kemasan, demonstrasi pembuatan kerupuk aneka rasa, dan pengepakan. Hasil yang diperolah adalah kemasan kerupuk yang memiliki nilai jual yang tinggi dan variasi rasa kerupuk pedas, manis, dan original. Dari kegiatan pengabdian ini mitra mampu meningkatka pendapatan.


Keywords


kerupuk, desain kemasan, aneka rasa

Full Text:

PDF

References


Amizur, D. A., Sukmawati, A., Yahya, S. A., & Elfarisna, E. (2022). Inovasi Produk Umkm Daun Bidara Serta Pengemasan Produk Pada Masyarakat di Desa Curug Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).

Asilmi, C. B. A. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Produk Kecantikan Terhadap Minat Beli Konsumen: Pengaruh Desain Kemasan Produk Kecantikan Terhadap Minat Beli Konsumen. JBC: Journal of Beauty and Cosmetology, 4(1), 6–13.

Clara, C. (2021). pengaruh desain dan manfaat kemasan terhadap minat pembelian FMCG. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 19(1), 1–25.

Habib Efendi, F., Hidayah, N. R., & Susena, K. C. (2023). Peranan Kemasan Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Roti Al Batsit Kota Bengkulu. Jurnal Kewirausahaan & Bisnis, 5(1), 1–4.

Hadi, A. P., Suryani, S., & Wibowo, M. C. (2021). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Kepuasan Pelanggan UMKN Sakukata. Co Salatiga. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 95–108.

Juliasari, D., & Liyundira, F. S. (2022). Desain Kemasan Produk sebagai Media Perluasan Pemasaran. Progress Conference, 5(2), 206–211.

Qur’ana, T. W., Sidik, A., Noor, H., & Dharmawati, A. (2022). Pelatihan Desain Kemasan bagi Pemula pada Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 191–198.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i1.222-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.